HOME, Hemat

Mau Tidur Lebih Nyenyak? 5 Teh Herbal Ini Bisa Anda Coba

Mau Tidur Lebih Nyenyak? 5 Teh Herbal Ini Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah Anda sering mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur dengan nyenyak di malam hari? Jika benar, apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Alih-alih mengonsumsi obat tidur kimia, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi teh herbal sebelum tidur guna membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Melansir Healthline dan Sleep Foundation, ada beberapa varian teh herbal yang terbukti mampu memudahkan tidur sekaligus meningkatkan kualitasnya. Berikut 5 varian teh herbal tersebut yang patut Anda coba.

Baca Juga: Beberapa Tanda Anak Remaja Ingin Bunuh Diri dan Cara Mencegahnya

1. Teh chamomile

Teh Chamomile

Teh herbal yang paling populer untuk membantu mengatasi insomnia adalah teh chamomile. Chamomile mengandung beberapa senyawa kimia aktif salah satunya apigenin yang memiliki efek menenangkan.

Penelitian tentang teh chamomile memang masih terbatas, namun bahan alami ini telah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur. Sebuah penelitian terhadap wanita pasca-persalinan menemukan bahwa peserta yang minum teh chamomile mengalami pengurangan hambatan tidur dan gejala depresi.

Dalam penelitian lain, kelompok orang dewasa yang lebih tua melaporkan kualitas tidur yang lebih baik setelah minum teh chamomile dibandingkan kelompok yang tidak meminumnya.

2. Teh lavender

Teh lavender

Lavender terkenal dengan warnanya yang cantik dan aromanya yang menenangkan. Selain bisa dinikmati dalam bentuk aromaterapi, manfaat lavender juga bisa Anda dapatkan dengan cara meminumnya dalam bentuk teh.

Beberapa penelitian mendukung bahwa lavender dapat meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur. Satu penelitian kecil menemukan bahwa wanita yang baru saja melahirkan dan minum 1 cangkir teh lavender per hari selama 2 minggu mengalami lebih sedikit kelelahan.

Studi lain yang dilakukan pada orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa teh lavender dapat secara efektif menurunkan gejala depresi dan kecemasan yang mana kedua kondisi tersebut bisa menyebabkan insomnia.

3. Teh lemon balm

Teh lemon balm

Lemon balm atau Melissa officinalis merupakan anggota dari keluarga mint yang memiliki bau sedikit manis dan citrusy. Secara historis, lemon balm telah digunakan sebagai obat antivirus dan antibakteri untuk mengobati infeksi dan virus.

Minum secangkir teh lemon balm di malam hari diklaim dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan insomnia. Plus, teh lemon balm juga bisa membantu mengurangi stres, kecemasan, serta depresi sebelum tidur.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa peserta yang mengonsumsi 500 miligram lemon balm melaporkan peningkatan kualitas hidup dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

4. Teh passion flower

Teh passion flower

Sama seperti chamomile, passion flower juga mengandung flavonoid tertentu yang mampu mengikat reseptor yang sama di otak seperti benzodiazepin serta dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

Berkaitan dengan tidur, minum satu cangkir teh passion flower sebelum tidur bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Satu studi menunjukkan bahwa minum 1 cangkir teh passion flower per hari selama 1 minggu secara signifikan bisa meningkatkan kualitas tidur subjektif dibandingkan dengan menggunakan plasebo.

5. Teh valerian

Teh valerian

Valerian merupakan jenis tanaman berbunga yang biasa digunakan sebagai ramuan atau suplemen. Akar kering dari tanaman valerian bisa digunakan untuk membuat teh yang bermanfaat sebagai obat tidur alami.

Diperkirakan bahwa akar valerian dapat meningkatkan kadar neurotransmitter (gamma-aminobutyric acid atau GABA) yang mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Dalam sebuah penelitian, hampir 90% orang melaporkan perbaikan tidur setelah minum teh valerian. Studi lainnya mengungkapkan bahwa orang tertidur lebih cepat setelah minum ekstrak valerian dan kualitas tidur mereka pun ikut meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News