HOME, Keluarga

Mau Simpan Ayam di dalam Kulkas? Simak 4 Cara agar Ayam Tetap Aman Dikonsumsi

Mau Simpan Ayam di dalam Kulkas? Simak 4 Cara agar Ayam Tetap Aman Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Ayam merupakan salah satu makanan yang sangat mudah busuk. Ayam, meski diawetkan di dalam kulkas, namun bakterinya bisa menyebar ke makanan lain apabila tidak disimpan dengan benar.

Menyebarnya bakteri ini disebut juga kontaminasi. Kontaminasi bakteri ayam pada bahan makanan lain dapat mengakibatkan keracunan makanan. Untuk menghindari itu semua, MomsMoney punya caranya tersendiri agar ayam awet disimpan di dalam kulkas.

Bagi Moms yang ingin tahu cara menyimpan ayam agar awet di dalam kulkas dan bisa tetap aman dikonsumsi, yuk simak tipsnya yang dilansir dari Maggi, berikut ini!

Baca Juga: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Ambil Sesuai Kebutuhan

Jangan pernah mengeluarkan daging dalam wadah dari kulkas apabila tidak semua daging ayam akan dimasak. Ambilah daging ayam secukupnya, tanpa harus mengeluarkan wadahnya dari kulkas.

Ini dilakukan agar menghindari perubahan suhu yang signifikan pada daging ayam. Perubahan suhu akan mengakibatkan ayam tidak akan awet di dalam kulkas.

Baca Juga: Moms Sering Masak Daging? Simak 4 Cara Pilih Daging Sapi yang Masih Segar

Hindari Kontaminasi

Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet

Simpanlah ayam pada wadah yang bisa menghindarkan kontaminasi bakteri antara ayam dengan bahan makanan lainnya.

Moms bisa menyimpannya di dalam wadah stoples ataupun kantung plastik kedap udara yang khusus didesain untuk menyimpan makanan.

Baca Juga: Rice Cookermu Rusak? Simak 4 Cara Agar Rice Cooker Awet dan Tahan Lama

Proses Penurunan Suhu

Daging ayam bisa disimpan lama dalam kulkas apabila melalui proses penurunan suhu secara bertahap atau biasa disebut thawing.

Melalui proses thawing, daging ayam akan tetap aman apabila dikonsumsi, namun proses ini dilakukan dalam durasi yang cukup lama. Moms penasaran bagaimana proses penurunan suhu daging ayam ini dilakukan? Simak yang berikut ini, yuk!

Proses thawing bisa dilakukan apabila daging ayam disimpan di dalam freezer. Caranya, keluarkan ayam dari freezer dan simpanlah di dalam chiller (rak kulkas yang tepat berada di bawah freezer).

Baca Juga: Sering Beli Sayur di Pasar? Berikut 5 Cara Mencuci Sayuran yang Tepat

Apabila kulkas Moms tidak dilengkapi chiller, Moms tetap bisa melakukan proses thawing dengan merendam daging ayam dengan air biasa. Caranya, ayam jangan dikeluarkan dari wadah stoples ataupun kantung kedap udara dan langsung bisa direndam dengan air bersuhu biasa.

Gantilah air per 20-30 menit sekali agar mempercepat proses penurunan suhu pada daging ayam supaya aman dikonsumsi.

Baca Juga: Sering Masak Ikan Goreng? Intip 4 Cara Menggoreng Ikan Tanpa Takut Minyak Meletup

Waktu Penyimpanan

Daging ayam akan awet dan tetap aman dikonsumsi meski disimpan di dalam kulkas apabila waktu penyimpanannya juga diperhatikan.

Daging ayam yang disimpan dalam freezer kulkas akan awet sampai 4 bulan. Apabila ayam melalui proses thawing, akan awet selama 2 hari.

Yang terpenting dalam pengolahan daging ayam adalah Moms membeli daging ayam secukupnya saja, jangan berlebihan. Bagaimanapun juga daging ayam akan jauh lebih enak apabila masih segar.

Selanjutnya: Sibuk di Kantor Seharian? Simak Tips Tubuh Tetap Fit Meski Jarang Berolahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News