CLOSE [X]
ads

Mau Punya Rambut Sehat dan Indah? Manfaatkan 5 Bahan ala Ayurveda Ini

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:45 WIB
Mau Punya Rambut Sehat dan Indah? Manfaatkan 5 Bahan ala Ayurveda Ini


MOMSMONEY.ID - Ayurveda sebagaimana dikutip dari WebMD adalah salah satu sistem penyembuhan holistik (seluruh tubuh) tertua di dunia.

Telah dikembangkan lebih dari 3.000 tahun yang lalu di India, ayurveda didasarkan pada keyakinan bahwa kesehatan dan kesejahteraan bergantung pada keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Adapun tujuan utama dari ayurveda yaitu mempromosikan kesehatan yang baik dan bukan melawan penyakit.

Umumnya, ayurveda kerap memanfaatkan bahan-bahan alami tertentu yang khas dalam praktiknya. Dari banyaknya bahan ayurveda yang ada, terdapat 5 bahan yang menyimpan manfaat ajaib untuk kesehatan dan keindahan rambut. Melansir BeBeautiful, inilah 5 bahan ayurveda tersebut.

Baca Juga: 9 Kandungan yang Harus Ada di dalam Produk Eye Cream, Yuk Cermati

1. Amla

Buah amla

Amla atau buah malaka termasuk bahan ayurveda yang sarat dengan vitamin C serta menyimpan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat amla dalam dunia kecantikan adalah memperkuat folikel rambut sekaligus meningkatkan kilau alaminya.

Rutin memijat kulit kepala dengan minyak amla dipercaya dapat mencegah pertumbuhan uban prematur dan meningkatkan sirkulasi darah yang pada gilirannya akan sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut. Amla juga dapat memperbaiki tekstur rambut secara keseluruhan berkat kandungan asam lemak esensial dan antioksidan yang ada di dalamnya.

2. Urang-aring

Urang Aring

Urang-aring adalah salah satu bahan perawatan rambut yang paling banyak digunakan dalam ayurveda. Tentu, Anda sudah tidak asing dengan eksistensi dari bahan alami yang satu ini bukan?

Urang-aring terutama yang sudah diolah menjadi minyak bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal dengan lebih cepat apabila Anda menggunakannya untuk memijat akar rambut secara teratur.

Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan rambut dari akar ke ujung, penggunaan urang-aring sangat dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami kerontokan, penipisan, serta kerusakan rambut.

3. Neem

Daun Neem

Dalam ayurveda, neem dikategorikan sebagai ramuan obat yang bisa menyembuhkan semua masalah termasuk mengatasi hampir setiap permasalahan rambut. Maka dari itu, tidak mengherankan jika bahan alami yang disebut juga dengan daun mimba ini kerap dijadikan sebagai campuran dalam produk minyak rambut dan sampo.

Apabila diaplikasikan secara teratur, sifat antimikroba dalam neem dapat membantu mengatasi masalah rambut pada umumnya seperti ketombe, rambut rontok, dan rambut kering.

4. Rosemary

Rosemary oil

Mungkin, popularitas minyak esensial rosemary baru menanjak akhir-akhir ini. Faktanya, rosemary telah digunakan selama berabad-abad dalam dunia ayurveda.

Bagi rambut, rosemary dapat membantu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dengan cara menyeimbangkan hormon. Manfaat ini didapatkan dari kandungan anti-inflamasi bernama carnosol yang terkandung di dalam rosemary.

5. Sesame

Minyak wijen

Lebih dari 90% perawatan ayurveda menggunakan sesame oil atau minyak wijen sebagai bahan dasarnya.

Penuh dengan nutrisi, sesame oil mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi. Adapun gabungan dari sifat-sifat tersebut menjadikan sesame oil sebagai produk yang sangat bagus untuk menutrisi rambut dan menenangkan pikiran. Yang tak kalah penting, sesame oil juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan kilau alami rambut sekaligus memperbaiki kondisinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru