Mau Punya Perut Six Pack? Coba 5 Gerakan Workout Ini

Reporter: Ana Risma
Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Mau Punya Perut Six Pack? Coba 5 Gerakan Workout Ini


MOMSMONEY.ID - Perut six pack tidak hanya bisa dimiliki oleh para pria. Perempuan pun bisa mendapatkannya asalkan dibarengi dengan upaya yang konsisten.

Salah satu upaya yang tidak boleh dilewatkan untuk menciptakan perut yang six pack tentu saja latihan fisik atau workout. Ada banyak gerakan workout yang bisa Moms jajal guna membentuk perut nan six pack seperti Cinta Laura, Pevita Pearce, atau Jennie Blackpink.

Berikut beberapa gerakan workout yang bisa membantu Anda mendapatkan perut six pack sebagaimana dilansir dari Stylecraze.

1. Kardio dan HIIT

Jogging

Jika ngin memiliki perut six pack, maka Anda harus membakar timbunan lemak dan kalori terlebih dahulu. Untuk membakar timbunan lemak dan kalori, tidak ada yang lebih baik dari kardio dan HIIT (High Intensity Interval Training).

Melakukan kardio selama 3 jam dan HIIT selama seminggu dapat membantu melepaskan sebagian besar lemak dari seluruh tubuh.

Beberapa contoh kardio dan HIIT yang bisa Anda coba untuk membentuk perut six pack antara lain lari, lari menaiki tangga, skipping, bersepeda, berenang, gym, dan zumba.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Selalu Lapar Sepanjang Waktu

2. Crunch

Crunch

Gerakan workout selanjutnya yang efektif untuk menciptakan perut six pack adalah crunch. Crunch akan bekerja di bagian tengah area perut atau otot rektus abdominis. Ini merupakan latihan yang bagus untuk mulai memperkuat inti Anda.

Untuk melakukan crunch, berbaringlah telentang di atas matras kemudian tekuk lutut dan jaga supaya kaki tetap rata di permukaan matras.

Lanjutkan dengan meletakkan tangan di kedua sisi kepala guna menopang beratnya, lalu meringkuklah dengan sudut 30 derajat dan buang napas. Terakhir, tarik napas dan turunkan posisi Anda ke posisi awal.

3. Lying leg raise

Lying leg raise

Lying leg raise tergolong latihan yang sedikit menantang jika Anda memiliki kelebihan berat badan di daerah tubuh bagian bawah. Kendati begitu, lying leg raise sangat dianjurkan jika ingin mengurangi lemak di daerah perut sekaligus membentuk perut yang six pack.

Berbaringlah di atas matras kemudian posisikan tangan di kedua sisi dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

Arahkan jari-jari kaki ke luar dan angkat kedua kaki Anda hingga mencapai sudut 90 derajat lalu tahan selama beberapa saat. Setelah itu, turunkan kaki secara perlahan dan bawa kembali ke posisi awal.

4. Plank

Jenis Peregangan Isometrik Plank

Plank dapat membantu memperkuat inti, memperbaiki postur, dan mengurangi sakit punggung. Plank juga mampu mengurangi buncit pada perut dan membantu menciptakan six pack dengan bekerja pada rektus abdominis, obliques internal dan eksternal, abdominis melintang, lengan, bahu, paha depan, punggung, serta otot pinggul.

Pertama-tama, berlututlah di atas matras lalu letakkan telapak tangan di depan. Pastikan telapak tangan rata di atas matras dengan lengan lurus. Kemudian, membungkuklah dan letakkan lengan bawah Anda di atas matras.

Rentangkan kaki ke belakang dan jaga agar tetap lurus dengan jari-jari kaki menekuk. Tahan posisi ini selama 10-20 detik atau lebih dan rasakan bahu, inti, serta paha depan Anda terbakar. Lepaskan dan ulangi gerakan sebanyak 3 kali.

5. Sit-up

Sit-up

Mirip dengan crunch, sit-up bekerja pada rektus abdominis dan obliques eksternal. Sit-up termasuk salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perut six-pack bagi para wanita.

Awali dengan berbaring telentang di atas matras. Tekuk lutut Anda pada sudut 90 derajat dan jaga agar kaki tetap rata di atas matras. Lanjutkan dengan menyilangkan tangan di dada sehingga telapak tangan Anda terletak ringan di bahu yang berlawanan.

Jaga supaya perut  tetap bergerak dan angkat kepala kemudian bahu. Berhentilah sejenak dan perlahan turunkan ke posisi awal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER