HOME, Bugar

Mau Punya Kulit Cerah Alami? Kenali 5 Faktor yang Dapat Merusak Kesehatan Kulit

Mau Punya Kulit Cerah Alami? Kenali 5 Faktor yang Dapat Merusak Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali masalah kesehatan kulit yang mungkin salah satunya pernah Anda alami, seperti jerawat, flek hitam, kulit kering, hingga tanda penuaan dini.

Tak heran jika sebagian besar orang memilih untuk melakukan perawatan kulit agar bisa mengatasi masalah tersebut, sekaligus menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah alami. 

Dilansir dari America Skin Health, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulit rusak, antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Beberapa Faktor Pemicu Keloid dan Cara Mencegahnya

Faktor Eksternal

1. Paparan sinar matahari berlebihan, radikal bebas, paparan panas dan blue light, polusi, alkohol, rokok, serta penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan kulit.

Efek buruk dari radikal bebas dan sinar matahari dapat merusak kulit sampai lapisan terdalam. 

2. Sinar UV A juga bisa menembus hingga lapisan dermis kulit. Akhirnya, dalam jangka waktu yang panjang bisa berakibat pada penuaan dini.

Lalu, sinar UV B dapat menimbulkan kemerahan pada kulit, dan radikal bebas dapat mengakibatkan penurunan elastisitas kulit, muncul kerutan, bintik kecoklatan, atau flek. 

3. Paparan panas dan blue light yang berasal dari benda elektronik seperti gawai yang berlebihan dapat berujung pada terjadinya hiperpigmentasi dan berpotensi memunculkan kerutan.

Tanda penuaan dini sendiri juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk sehari-hari, seperti terlalu lama berinteraksi di depan layar ponsel atau komputer, paparan panas saat memasak, dan konsumsi gula berlebihan. 

Baca Juga: Kenali Berbagai Kandungan Nutrisi dan Vitamin dalam Tomat

Faktor Internal

1. Faktor hormonal, genetik, stres, kurang tidur, dan dehidrasi.

2. Timbulnya jerawat, kulit kusam, berminyak ada yang disebabkan karena masalah hormon atau bisa juga karena genetik.

Perawatan kulit dari dalam bisa Anda  lakukan dengan cara membiasakan pola hidup dan pola makan yang sehat, dan tak kalah pentingnya, mengonsumsi suplemen yang menunjang kesehatan dan kecantikan kulit.

Suplemen dengan kandungan vitamin E dibutuhkan karena hanya mengonsumsi buah dan sayur tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. 

Vitamin E sendiri memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas sekaligus membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Kalau Anda memiliki masalah kesehatan kulit yang membutuhkan penanganan, Anda bisa langsung membuat janji di rumah sakit terdekat dan melakukan konsultasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News