CLOSE [X]
ads

Mau Pakai Paylater? Simak Tips Ini Ya, Moms

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Selasa, 11 Januari 2022 | 09:00 WIB
Mau Pakai Paylater? Simak Tips Ini Ya, Moms

ILUSTRASI. Layanan paylater sebaiknya digunakan dengan cermat. Diprioritaskan untuk kebutuhan mendesak ataupun produktif


MOMSMONEY.ID - Moms, paylater boleh saja loh digunakan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakannya. 

Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting menyebutkan, paylater adalah salah satu fasilitas pembayaran dengan sistem bayar belakangan. Penyedia paylater beragam, ada yang mengenakan bunga dan hanya biaya administrasi.

Eko bilang, kalau Anda memang harus membeli barang dengan cara menyicil, sebaiknya mempertimbangkan bahwa nilai barang itu akan terus turun, sementara pembayaran yang dilakukan, biasanya akan melebihi harga barang.

Misalnya, Anda mengangsur ponsel selama enam bulan. Selama enam bulan itu, sebenarnya harga ponsel yang dibeli di awal sudah turun. Jadi pertimbangkan lagi, apakah sebaiknya menabung enam bulan untuk mendapatkan ponsel itu atau justru menyicil padahal harganya nanti akan turun.
Kecuali, Anda melakukan pembelian mendadak karena ponsel rusak, padahal benda iut diperlukan untuk bekerja.  di sisi lain, Anda belum ada dana untuk membayarnya, maka hal itu sah-sah saja.

 Eko bilang, tak ada salahnya menggunakan paylater asalkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Contohnya menggunakan GopayPaylater. Apabila orang tersebut mobilitas kerjanya tinggi tidak masaah menggunakan metode pembayaran paylater tesebut.

Andy Nugroho, Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia juga berpendapat sama.  ”Daripada bingung isi saldo untuk pesan kendaraan. Lagipula paylater ini bisa dilunasi di bulan berikutnya, kan” kata Andy.

Itu artinya, penggunaan paylater memang disesuaikan dengan kebutuhan, bukan keinginan. Andy memberi contoh lain pada penggunaan Traveloka paylater. Kredit digital yang fokus utamanya pada kegiatan traveling ini bisa digunakan jika memang ada kebutuhan. 

 Misalnya saja, di masa pandemi ini Anda dianjurkan bekerja dari rumah. Akan tetapi, lingkungan rumah tidak mendukung  karena tetangga yang ribut atau sedang direnovasi. Maka Anda bisa memanfaatkan paylater untuk memesan voucher hotel guna mencari tempat nyaman untuk bekerja. 

Pesan Andy, jangan sampai Anda memanfaatkan paylater untuk sekadar gaya-gayaan. ”Tapi jika memanfaatkan paylater karena ada promo staycation dan ada budget untuk mencicilnya, tidak masalah,” kata Andy.   

Lantas, menurut Andy, paylater ini bisa digunakan untuk modal bisnis. Asalkan memang hasil usaha bisa menutupi bunganya dan mendapatkan margin yang sesuai harapan.

Dirinya juga berasumsi bahwa pemanfaatan paylater  lebih pada alternatif terakhir ketika butuh dana darurat. Ada beberapa orang yang menggunakannya sebagai tambahan modal bisnis jangka pendek. ”Penggunaanya untuk darurat dan produktif,” kata Andy.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru