Keluarga

Mau Meningkatkan Konsentrasi Anak? Terapkan 8 Tips Berikut Ini!

Mau Meningkatkan Konsentrasi Anak? Terapkan 8 Tips Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Kebanyakan anak kecil cenderung sulit untuk berkonsentrasi atau fokus pada tugas selama lebih dari beberapa menit. Ini bisa terjadi karena kegembiraan alami anak dan tingkat keingintahuan yang tinggi.

Namun, seiring bertambahnya usia, anak perlu berkonsentrasi penuh pada studi dan tugas-tugas penting lainnya.

Nah, untuk membantu anak meningkatkan konsentrasinya, Anda bisa mencoba 8 tips yang dilansir dari Firstcry Parenting berikut ini.

Baca Juga: Perjalanan Ratu Elizabeth II Sejak Kecil hingga Naik Takhta

1. Kurangi gangguan

Sebagai orang tua, sangat penting untuk menciptakan lingkungan di mana anak dapat belajar atau melakukan tugas mereka dengan gangguan yang minim. Pada dasarnya, anak-anak cenderung sulit menghindari gangguan sekecil apapun kecuali mereka terlibat dalam kegiatan yang benar-benar disukai.

Adapun gangguan utama bagi sebagian besar anak adalah televisi, musik keras, kebisingan, dan telepon seluler. Oleh sebab itu, jauhkan anak dari gadget apapun saat mereka belajar. Tindakan ini akan membantu mengurangi pencegah konsentrasi sekaligus meningkatkan fokus anak.

2. Tetapkan batas waktu

Pastikan Anda menetapkan batas waktu bagi anak untuk menyelesaikan tugas tertentu. Ini berguna untuk mendorong anak menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah ditentukan. Namun, pastikan batas waktu yang Anda tetapkan tidak terlalu pendek atau terlalu lama karena bisa membuat anak cemas.

Hindari untuk menetapkan batas waktu yang kaku karena bisa memengaruhi kemampuan anak untuk fokus. Sebaiknya, tetapkan batas waktu selama 15-20 menit saja guna membantu anak tetap fokus pada tugas sekaligus menjaga perhatian mereka supaya tidak terlalu goyah. Sebaliknya, batas waktu yang terlalu lama rentan mengurangi perhatian anak dan bisa menyulitkannya untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

3. Dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik

Anak-anak penuh dengan energi. Untuk membantu mereka mengeluarkan energi tambahan, Anda harus merencanakan waktu bermain yang mencakup olahraga atau sekadar berlari.

Dengan aktivitas fisik yang cukup, itu akan membantu dalam meningkatkan fokus yang lebih baik serta mengurangi kebosanan dan kegelisahan pada anak.

4. Ajarkan anak untuk melakukan kegiatan pada waktu yang sama

Bantu anak Anda untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumahnya setiap hari pada waktu yang sama. Aktivitas yang berulang akan membantu anak membangun kebiasaan tanpa perlu berusaha terlalu keras untuk fokus.

Selain itu, konsistensi juga akan membantu pikiran anak untuk mempersiapkan pekerjaan rumah atau belajar ketika waktunya tiba sekaligus menjadikannya lebih bersedia untuk belajar.

Baca Juga: Pecinta Novel Wajib Tahu! Ini Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Online Gratis

5. Mainkan permainan yang melatih fokus

Ada banyak permainan di pasaran yang membutuhkan fokus dan membuat anak-anak berpikir. Permainan konsentrasi semacam ini sangat bagus untuk membantu Anda membangun dan memperkuat kemampuan anak untuk fokus dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan memberikan anak permainan yang membutuhkan perencanaan terperinci dan penggunaan memori, itu akan membantu mereka bersenang-senang dengan konsentrasi dan fokus yang baik.

6. Dorong anak untuk istirahat dengan cukup

Pastikan anak Anda tidak begadang selama hari kerja dan mendapatkan cukup tidur di malam hari. Mengistirahatkan tubuh dan otak yang energik sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi anak.

Dorong juga anak Anda untuk beristirahat pada siang hari terutama jika mereka sibuk sepanjang hari dengan sejumlah kegiatan. Tak hanya mampu melepas lelah, tidur siang juga akan meningkatkan level konsentrasi anak.

7. Latihan pernapasan

Jumlah oksigen yang cukup akan membantu otak berfungsi pada tingkat optimalnya. Jadi, mintalah anak Anda untuk melakukan beberapa latihan pernapasan dasar guna membantu pikirannya. Jika anak tampak tidak tertarik, Anda dapat bergabung dengan mereka untuk melakukannya bersama-sama.

Untuk membuat latihan pernapasan menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa mengajak anak untuk meniup gelembung sabun atau memainkan alat musik seperti harmonika.

8. Bacakan buku cerita

Ini adalah cara terbaik untuk membantu anak fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Pilihlah beberapa buku cerita menarik yang sesuai dengan usia anak kemudian bacakan dengan suara yang keras saat mereka sedang beristirahat.

Terus perkenalkan buku-buku baru pada anak seiring minatnya bertumbuh. Hal ini akan meningkatkan keterampilan mendengarkan anak sekaligus mendorongnya untuk fokus. Ajukanlah pertanyaan sederhana di setiap akhir sesi membaca untuk memastikan anak mendengarkan dengan cermat tetapi tetap menyenangkan dan interaktif.

Ingatlah untuk menjaga volume suara Anda tetap rendah dan membacalah secara perlahan guna membantu anak untuk fokus mendengarkan dan meningkatkan konsentrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News