HOME, Keluarga

Mau Mengurangi Lemak Wajah Secara Alami? Ini 5 Caranya!

Mau Mengurangi Lemak Wajah Secara Alami? Ini 5 Caranya!

MOMSMONEY.ID - Bertambahnya lemak di sekitar wajah dalam kebanyakan kasus merupakan akibat dari bertambahnya lemak di seluruh tubuh.

Kelebihan lemak pada wajah bisa membuat wajah terlihat kendur dan kurang fresh. Sebagai solusi, sedot lemak bisa menjadi opsi untuk mengurangi lemak wajah secara instan.

Kendati begitu, sedot lemak bukanlah satu-satunya cara untuk mengurangi lemak pada wajah.

Melansir Medical News Today, ada 5 cara yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk membantu mengurangi lemak wajah secara alami, aman, dan tentunya lebih hemat dibandingkan sedot lemak. Ini dia 5 cara tersebut!

Baca Juga: Ketahui Berbagai Manfaat Punya Taman di Rumah, Bisa Bikin Sehat Loh!

1. Latihan kardio

Penurunan berat badan cenderung memberikan efek melangsingkan pada wajah. Dan, salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah latihan kardio atau aerobik.

Latihan kardio bisa dilakukan dengan intensitas rendah, sedang, atau tinggi. Menurut beberapa penelitian, melakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi sebanyak beberapa kali per minggu dapat membantu membakar lebih banyak lemak.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai berlatih kardio secara teratur guna menurunkan berat badan yang pada gilirannya akan sekaligus melangsingkan wajah Anda.

2. Senam wajah

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa melatih otot-otot pada wajah dapat membantu mengurangi lemak wajah. Salah satunya mengungkapkan bahwa melakukan senam wajah dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot-otot wajah.

Dengan melakukan senam wajah, itu dapat membantu wajah tampak lebih kencang saat Anda berjuang menurunkan berat badan.

3. Minum lebih banyak air

Minum segelas air putih sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang. Pada akhirnya, metode ini akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang Anda konsumsi. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk minum air sebelum makan guna menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak wajah secara bertahap.

Tak hanya itu, konsumsi air secara teratur juga bisa meningkatkan lipolisis. Lipolisis sendiri terjadi ketika tubuh memecah simpanan lemak menjadi asam lemak yang dapat digunakan sebagai energi. Nah, memanfaatkan simpanan lemak ini merupakan kunci untuk menurunkan berat badan Anda.

4. Tidur dengan cukup

Tidur dengan cukup menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan dengan memengaruhi kadar hormon tertentu yang meningkatkan rasa lapar dan kenyang. Secara khusus, kurang tidur akan meningkatkan kadar hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dan menurunkan hormon leptin yang memberi tahu bahwa tubuh sudah kenyang.

Akibatnya, orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak dan mereka mungkin akan beralih ke makanan yang lebih tinggi kalorinya.

Jika Anda tidak mau berat badan semakin bertambah dan wajah semakin membengkak, pastikan untuk tidur dengan cukup setiap harinya. Pada gilirannya, tidur yang cukup akan membantu mengurangi jumlah lemak yang tersimpan di wajah Anda.

5. Kurangi asupan garam

Diet tinggi garam dapat menyebabkan tubuh menahan air. Sementara itu, retensi air akan menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh termasuk wajah. Sehingga, kondisi ini bisa memberikan ilusi kelebihan lemak pada wajah.

Jika Anda termasuk orang yang cenderung sensitif terhadap retensi cairan, maka Anda harus mencoba membatasi makanan tinggi garam. Ini termasuk makanan olahan dan makanan ringan. Sebagai gantinya, siapkanlah makanan dan camilan sendiri di rumah guna mengendalikan jumlah garam dalam makanan yang akan Anda makan.

Ketika tubuh Anda berhasil untuk berhenti menahan cairan, maka wajah Anda pun akan terlihat lebih ramping dari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News