Mau Mengurangi Kerutan Wajah secara Alami? 5 Essential Oil Ini Layak Anda Coba!

Reporter: Ana Risma
Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:45 WIB
Mau Mengurangi Kerutan Wajah secara Alami? 5 Essential Oil Ini Layak Anda Coba!

ILUSTRASI. Essential oil untuk mengurangi kerutan wajah.


MOMSMONEY.ID - Essential oil atau minyak atsiri memiliki banyak manfaat yang ajaib untuk kulit. Adapun beberapa manfaat essential oil bagi kulit yaitu mengencangkan dan menghaluskan. Meskipun tergolong minyak-minyakan, namun essential oil tetap dapat digunakan oleh para pemilik kulit berminyak atau berjerawat lho Moms.

Kaya akan antioksidan, essential oil mampu melawan radikal bebas yang merupakan kontributor terbesar dari penuaan kulit. Dengan rutin memijat wajah menggunakan essential oil, itu akan meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa mengurangi garis-garis halus dan membuat kulit terasa kencang.

Dari banyaknya varian yang ada, kira-kira essential oil apa saja yang terbaik untuk membantu mengurangi kerutan pada wajah? Dilansir dari Skinkraft Laboratories, inilah 5 rekomendasinya.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Anak Masuk Prasekolah

1. Lavender oil

Minyak esensial dari lavender telah digunakan untuk pengobatan serta kosmetik sejak zaman dahulu. Dengan aroma yang menenangkan, minyak esensial ini kaya akan antioksidan dan sifat antimikroba.

Lavender oil diklaim mampu mengurangi peradangan dan menenangkan kulit. Minyak ini juga bisa melawan radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif serta penuaan pada kulit.

2. Citrus oil

Citrus oil adalah minyak esensial lainnya yang telah digunakan dalam pengobatan alternatif selama berabad-abad untuk mengobati gangguan kulit. Minyak atsiri jeruk ini tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Kandungan yang ada pada citrus oil mampu bertindak sebagai agen yang ampuh untuk melawan kerusakan oksidatif. Selain itu, minyak ini juga terbilang efektif dalam memerangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Dengan penggunaan secara teratur, citrus oil dapat menyamarkan tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Saat menggunakan citrus oil, pastikan kulit Anda tidak terkena sinar matahari ya Moms. Sebaiknya, gunakan citrus oil pada malam hari sebelum tidur.

3. Sandalwood oil

Sandalwood oil atau minyak cendana merupakan agen terapi yang ampuh untuk kulit karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dimilikinya. Tak hanya mampu melawan peradangan dan kerusakan oksidatif, sandalwood oil juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit.

Saat terjadi peningkatan sel-sel baru pada permukaan kulit, itu akan membantu menghaluskan garis-garis halus serta kerutan di wajah Anda. Yang tidak kalah penting, sandalwood oil juga bisa meningkatkan hidrasi di kulit sekaligus membuatnya terlihat penuh.

4. Rose oil

Minyak dari bunga nan cantik ini tidak hanya memiliki aroma yang menyenangkan dan menenangkan, melainkan juga memiliki beberapa manfaat untuk perawatan kulit. Rose oil adalah agen pelembab yang unggul sehingga bisa membuat kulit terhidrasi, kenyal, dan tentunya bebas dari kekeringan penyebab kerutan dini.

Rose oil dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan infeksi bakteri. Minyak ini juga mampu meningkatkan fungsi penghalang kulit yang membantu mengunci kelembaban. Semua sifat tersebut bisa menjadikan rose oil sebagai teman terbaik bagi Anda dalam hal perawatan kulit.

5. Ylang ylang oil

Ylang ylang oil atau minyak kenanga telah digunakan secara luas dalam produk perawatan kulit berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-melanogenesis yang terdapat di dalamnya. Melanogenesis sendiri merupakan produksi melanin dan pigmen alami di kulit yang memberikan warna kulit yang berbeda.

Penggunaan ylang ylang oil secara teratur tidak hanya mampu membantu melawan kerusakan oksidatif tetapi juga mendorong pembaruan kulit. Ylang ylang oil akan sangat membantu dalam hal mengisi kembali protein dan lipid di kulit Anda. Alhasil, kulit pun akan tampak awet muda dan kenyal bak remaja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER