Keluarga

Mau Mengecat Dinding Kamar Sendiri? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Mau Mengecat Dinding Kamar Sendiri? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

MOMSMONEY.ID - Mengecat dinding merupakan salah satu cara untuk memperbarui atau mengubah tampilan kamar tidur.

Daripada menyewa jasa profesional, ada beberapa orang yang lebih suka mengecat dinding kamarnya sendiri. Apakah Anda salah satunya?

Memang, rasanya seperti ada kepuasan tertentu jika berhasil mengecat kamar dengan warna dan desain yang kita inginkan.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengecat kamar sendiri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.. Jangan sampai pilihan Anda untuk mengecat kamar sendiri malah akan membuat repot.

Dilansir dari Seattle Times dan Imhoff Painting, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jika mengecat kamar sendiri. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: 4 Cara Mewujudkan Dapur Bernuansa Minimalis, Ternyata Mudah!

Kelebihan Mengecat Kamar Sendiri

Mendapatkan kontrol penuh

Dengan mengecat kamar sendiri, Anda akan mendapatkan kontrol penuh pada berbagai aspek, misalnya warna cat, desain, dan teknik pengecatannya. Apalagi, dengan banyaknya tutorial mengecat kamar yang bisa ditonton di YouTube, mengecat kamar dengan warna dan desain sendiri terasa lebih mudah.

Biaya yang lebih murah

Jika menyewa tukang cat profesional, Anda harus mengeluarkan biaya-biaya tertentu yang bakal menguras pengeluaran. Lain halnya dengan mengecat kamar sendiri, di mana Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli cat dan peralatan cat lainnya. Biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah daripada menyewa profesional.

Menjadi kegiatan yang seru

Mengecat kamar atau ruangan bersama pasangan atau anak-anak bisa menjadi kegiatan bonding yang menyenangkan, lo. Misalnya, Anda bisa membagi tugas pengecatan pada pasangan dan anak-anak, sehingga beban kerja Anda tidak terlalu berat. Selain itu, bagi anak yang suka melukis, kegiatan mengecat ini bisa menjadi sarana menyalurkan kreativitas mereka.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Kamar Mandi!

Kekurangan Mengecat Kamar Sendiri

Kualitas hasil akhir cat berbeda dengan ekspektasi

Namanya juga bukan profesional, terkadang hasil akhir cat bisa berbeda dengan ekspektasi. Misalnya, warna cat yang tidak rata atau cat yang tidak menempel dengan sempurna karena tembok tidak dibersihkan dengan benar.

Menghabiskan banyak waktu

Mengecat kamar sendiri berarti Anda harus meluangkan waktu khusus untuk mengecat di sela-sela kesibukan yang lain. Hal ini bisa berimbas pada waktu pengecatan yang bisa memakan waktu sampai berhari-hari. Jadi, komitmen untuk mengecat kamar secara rutin bisa jadi terasa sangat melelahkan, sehingga waktu pengecatan harus diperhitungkan baik-baik supaya proyek pengecatan tidak terbengkalai.

Skill pengecatan tidak seperti profesional 

Saat mengecat, Anda mungkin akan dihadapkan dengan lokasi pengecatan yang tidak lazim. Misalnya, tembok yang tertutup stopkontak, ada lekukan dan bolongan di tembok, hingga area pengecatan yang terlalu besar dan tinggi sehingga sulit dicapai. Hal ini tentu memerlukan keahlian khusus dari profesional.

Melalui Seattle Times, Perry Nesselroad dari ImageWorks Painting menyebutkan bahwa hal yang perlu dipertimbangkan adalah memilih mana yang lebih menguntungkan, menghabiskan waktu untuk mengecat atau menghabiskan biaya untuk menyewa tukang cat profesional. Semuanya perlu pertimbangan yang matang supaya biaya dan tenaga yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Nah, itu tadi beberapa poin soal kelebihan dan kekurangan jika ingin mengecat kamar sendiri. Sebenarnya, baik mengecat sendiri atau menyewa profesional sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apapun keputusannya, pilihlah opsi yang menurut Anda paling baik.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News