HOME, Keluarga

Mau Mendesain Kamar Mandi Sendiri? Hindari Kesalahan-Kesalahan Ini

Mau Mendesain Kamar Mandi Sendiri? Hindari Kesalahan-Kesalahan Ini

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang wajib ada di rumah untuk membantu kita membersihkan diri setelah melakukan kegiatan sehari-hari.

Nah, supaya kegiatan membersihkan diri makin nyaman, tentu kamar mandi perlu didesain dengan tepat.

Sayangnya, masih ada orang-orang yang melakukan kesalahan saat merencanakan atau mendesain tata letak kamar mandi di rumah, sehingga kamar mandi tersebut kurang nyaman digunakan.

Kesalahan apa saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Merah yang Penuh Energi

Melupakan ventilasi ruangan

Ketika mendesain kamar mandi sendiri, banyak orang yang melupakan faktor ventilasi atau sirkulasi udara di dalamnya. Padahal, ventilasi sangat penting untuk kamar mandi.

Dikutip dari House Beautiful, ventilasi di kamar mandi akan membantu mengurangi kelembapan berlebih yang ada di kamar mandi, sehingga dapat mencegah kedatangan jamur dan lumut serta menjaga tampilan interior kamar mandi.

Untuk menghadirkan ventilasi di dalam kamar mandi, Anda bisa menggunakan exhaust fan atau extractor fan.

Tidak mengoptimalkan pencahayaan

Selain ventilasi, pencahayaan juga termasuk faktor yang kerap terlupakan dalam desain kamar mandi.

Dengan pencahayaan yang optimal, kamar mandi Anda akan terasa lebih cerah, segar, dan lapang. Ada beberapa cara untuk menambahkan pencahayaan di dalam kamar mandi, misalnya menggunakan lampu dan pencahayaan alami dari jendela.

Baca Juga: 5 Kesalahan Dekorasi ala Feng Shui yang Bisa Bawa Sial, Yuk Hindari!

Tidak memasang jendela

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jendela di kamar mandi dapat membantu menambahkan pencahayaan alami di dalam kamar mandi.

Mengutip laman Rooms to Rooms, memasang jendela di kamar mandi tak hanya dapat menambahkan pencahayaan, tapi juga membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar mandi.

Jika Anda khawatir dengan masalah privasi, Anda bisa memilih untuk menggunakan kaca jendela buram. Atau, tempatkan jendela di bagian atas dinding kamar mandi.

Baca Juga: 5 Kesalahan Desain Dapur yang Bikin Memasak Kurang Nyaman

Salah mengukur

Saat mendesain suatu ruangan, pengukuran merupakan hal yang krusial. Pasalnya, jika Anda salah mengukur, ada banyak konsekuensi yang harus dihadapi nantinya.

Dilansir dari Houzz, pengukuran yang salah dapat mengakibatkan Anda memasang bak mandi atau pancuran air dengan ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar. Selain itu, bisa saja pintu yang Anda pasang ternyata tidak bisa terbuka dengan sempurna karena terhalang sesuatu.

Tidak memikirkan tata letak benda

Ketika Anda melewatkan pengaturan tata letak benda-benda tertentu di kamar mandi, jangan harap kamar mandi tersebut akan bisa digunakan secara maksimal.

Sebab, penempatan barang-barang tertentu perlu dipertimbangkan berdasarkan kebiasaan Anda saat menggunakan kamar mandi.

Misalnya, jika Anda sering menggunakan tisu toilet, pastikan rol tisu ditempatkan di area yang mudah dijangkau. Atau, jika Anda memasang kabinet di dinding, pastikan kabinet tersebut mudah dicapai seluruh anggota keluarga.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mendesain kamar mandi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News