HOME, Keluarga

Mau Mendekorasi Rumah dengan Gaya Rustic? Gunakan Elemen-Elemen Ini

Mau Mendekorasi Rumah dengan Gaya Rustic? Gunakan Elemen-Elemen Ini

MOMSMONEY.ID - Belakangan ini mungkin Anda sering mendengar istilah dekorasi bergaya rustic untuk acara lamaran atau pernikahan.

Memang, gaya dekorasi yang satu ini tengah populer sebagai gaya dekorasi untuk background atau latar belakang acara-acara tersebut. Namun jangan salah, Anda juga bisa menerapkan gaya dekorasi ini di rumah Anda.

Dilansir dari The Spruce, gaya rustic adalah gaya dekorasi yang memiliki ciri khas natural, organik, dan memiliki kesan yang antik. Gaya ini merupakan kebalikan dari gaya modern dan kontemporer yang serba bersih dan rapi.

Baca Juga: 8 Gaya Interior Rumah yang Paling Populer, Bisa Dicoba!

Gaya rustic banyak mengambil inspirasi dari alam dengan sentuhan apa adanya, sehingga dekorasi dengan gaya rustic akan menghasilkan tampilan yang cantik dan estetik. Selain itu, gaya rustic juga dapat menghadirkan kesan rileks dan nyaman di rumah.

Nah, untuk menghadirkan gaya ini di rumah, ada beberapa elemen tertentu yang harus dipenuhi. Apa sajakah elemen yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Warna netral dan natural

Dekorasi bergaya rustic mengutamakan penggunaan warna-warna netral dan natural seperti beige, putih, abu-abu, dan coklat.

Warna-warna hangat lainnya juga bisa digunakan, dengan catatan warna-warna tersebut bersifat muted dan tidak mencolok. Intinya, warna-warna dalam dekorasi rustic harus memberi kesan kalem dan tradisional.

Elemen natural

Elemen natural seperti kayu dengan finishing natural sangat identik dengan dekorasi bergaya rustic. Kayu dengan kesan yang antik dan memudar juga cocok digunakan dalam gaya ini.

Selain kayu, Anda juga bisa menggunakan batu alam atau batu bata. Untuk tekstil, pilihlah kain yang terlihat natural seperti kanvas, katun, dan linen. Jika ingin, tambahkan material besi, tembaga, atau kuningan.

Barang-barang buatan tangan

Barang-barang dekorasi handmade atau buatan tangan bisa Anda gunakan dalam dekorasi gaya rustic. Atau, Anda bisa menggunakan pernak-pernik dengan kesan antik atau vintage untuk melengkapi tampilan rumah.

Anda tidak harus menggunakan barang-barang handmade untuk mengisi seluruh rumah, tapi cukup gunakan satu atau dua barang tersebut untuk menambah kesan personal di dalam rumah.

Baca Juga: Mencari Inspirasi Rumah Kecil? Yuk, Tengok 5 Channel YouTube Ini

Furnitur yang besar dan berat

Furnitur dalam rumah bergaya rustic memiliki desain yang simpel, tapi berukuran besar dan berat. Misalnya seperti meja dengan permukaan luas dan kaki yang tebal, serta sofa yang besar dan empuk.

Selain itu, rumah bergaya rustic juga tidak menuntut kesempurnaan, sehingga Anda bisa menyatukan furnitur yang tidak serasi di dalam satu ruangan.

Mengutamakan kesan simpel

Fokus utama gaya rustic adalah pada materialnya, bukan desain dari furnitur atau pernak-pernik ruangan. Jadi, Anda cukup menggunakan furnitur dengan desain yang sederhana dan apa adanya.

Hampir sama seperti poin sebelumnya, abaikan saja jika furnitur atau pernak-pernik di rumah bergaya rustic tidak terlihat simetris atau tidak rapi. Justru ketidaksempurnaan tersebut akan semakin menonjolkan kesan rustic.

Material yang terekspos

Salah satu ciri khas dari dekorasi rumah gaya rustic adalah material yang terekspos. Jadi, wajar jika Anda menemukan balok kayu yang terbuka pada bagian atap rumah, tembok bata yang dibiarkan seadanya, hingga lantai kayu dengan finishing natural.

Selanjutnya: Mengenal Ciri Khas Rumah Gaya Amerika yang Klasik dan Ikonik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News