Hemat

Mau Mendaki untuk Pertama Kali? Ini 5 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Naik Gunung

Mau Mendaki untuk Pertama Kali? Ini 5 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Naik Gunung

MOMSMONEY.ID - Naik gunung telah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Tren ini semakin berkembang terutama di kalangan anak muda setelah peluncuran film 5 cm dan seiring meningkatnya popularitas media sosial seperti Instagram atau TikTok.

Apakah Anda belum pernah naik gunung dan tertarik untuk mencobanya setidaknya satu kali seumur hidup?

Apabila benar demikian, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum memulai pendakian. Simak baik-baik, berikut MomsMoney bagikan 5 hal yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung untuk pertama kali.

Baca Juga: Pahami 4 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Harus Anda Tahu

1. Fisik

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung adalah fisik. Mulai berolahraga lah secara teratur setidaknya satu bulan sebelum mendaki.

Tak perlu berat-berat, Anda bisa mempersiapkan fisik Anda sebelum naik gunung dengan jogging, bersepeda, atau bahkan naik turun tangga. Kendati sederhana, namun ketiga pilihan olahraga tersebut terbukti mampu menguatkan kaki sekaligus meringankan langkah Anda selama di gunung nantinya.

2. Mental

Hal kedua yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung adalah mental. Perlu Anda tahu bahwa gunung termasuk tempat yang berbahaya dan penuh rintangan.

Jika Anda tidak memiliki mental yang kuat dan tekad yang bulat untuk menyambangi gunung, lebih baik Anda mengurungkan niat Anda untuk naik gunung.

Sesampainya di jalur pendakian, Anda akan dihadapkan dengan tanjakan yang menyiksa dan tidak ada habisnya, berbagai macam binatang, suhu yang sangat rendah, paparan cuaca yang tak bisa diprediksi, hingga risiko hipotermia. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkannya secara matang sebelum Anda memutuskan untuk naik gunung.

3. Perlengkapan mendaki

Hal ketiga yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung adalah perlengkapan mendaki. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gunung merupakan tempat yang tergolong berbahaya.

Oleh sebab itu, Anda wajib menyiapkan segala perlengkapan pendakian yang dibutuhkan demi keamanan diri sendiri selama di gunung.

Ada beberapa perlengkapan pendakian pribadi yang tidak boleh Anda lewatkan di antaranya carrier beserta rain cover, sepatu hiking, sandal jepit atau sandal gunung, jas hujan, sleeping bag, matras, headlamp atau senter, kompas, sarung tangan, trash bag, trekking pole, tali webbing jika perlu, jaket, baju ganti, obat-obatan, makanan dan air, serta camilan manis untuk menambah energi selama mendaki.

4. Tujuan

Hal keempat yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung adalah tujuan. Jika Anda baru pertama kali naik gunung, selalu ingat untuk memilih gunung dengan elevasi yang tidak terlalu tinggi dan medan yang ramah untuk pendaki pemula.

Alih-alih langsung menetapkan Gunung Semeru atau Gunung Rinjani sebagai tujuan pendakian pertama Anda, alangkah baiknya Anda memilih gunung-gunung yang telah lama populer di kalangan pendaki pemula seperti Gunung Andong, Gunung Prau, Gunung Papandayan, Gunung Penanggungan, dan Gunung Ijen.

Selain tidak terlalu tinggi, gunung-gunung tersebut juga menawarkan view yang tidak kalah cantiknya dengan gunung 3.000-an mdpl.

Penting juga untuk mengutamakan jalur pendakian yang ramai, didominasi dataran landai, dan memiliki sumber air yang melimpah.

5. Teman mendaki

Hal kelima yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung adalah teman mendaki. Jangan sekali-kali memutuskan untuk mendaki sendirian apabila Anda belum pernah mendaki sama sekali.

Sebaiknya, mendakilah bersama orang-orang yang berpengalaman atau sudah pernah mendaki sebelumnya. Ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan Anda mengalami kecelakaan, tersesat, hipotermia, dan bahkan kematian.

Jika orang-orang di sekitar Anda tidak ada satu pun yang pernah mendaki, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti open trip apabila Anda benar-benar ingin merasakan dunia pendakian dengan aman. Tak hanya menawarkan keamanan, mengikuti open trip juga bisa meringankan beban Anda karena Anda tidak perlu lagi membawa tenda, bahan makanan, kompor, dan peralatan makan.

Itulah 5 hal yang harus Anda siapkan sebelum naik gunung untuk pertama kali. Selalu ingat untuk menyiapkan kelima hal tersebut dengan baik dan jangan lupa untuk membawa turun semua sampah Anda selama di gunung ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News