Keluarga

Mau Membersihkan Rumah Tanpa Menimbulkan Sampah? Simak Caranya, Yuk!

Mau Membersihkan Rumah Tanpa Menimbulkan Sampah? Simak Caranya, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Salah satu penyumbang terbesar sampah yang menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga kerap mengandung bahan yang sulit terurai di alam atau bahan yang dapat mencemari lingkungan. Jika dibiarkan, hal ini tentu tidak baik untuk kelangsungan bumi.

Sampah rumah tangga ini biasanya dihasilkan dari berbagai kegiatan, misalnya membersihkan rumah. Oleh karena itu, jika ingin mulai mengurangi sampah di rumah, Anda bisa memulainya dengan meminimalisir produksi sampah saat membersihkan rumah.

Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Hindari penggunaan alat sekali-pakai

Salah satu penyebab sampah rumah tangga kebanyakan berasal dari kegiatan bersih-bersih rumah adalah karena kegiatan ini kerap menggunakan alat-alat sekali pakai, seperti kertas tisu hingga sarung tangan plastik.

Dikutip dari The Kitchn, solusinya adalah mengganti alat sekali pakai tersebut dengan alat-alat yang reusable alias bisa dipakai berulang kali. Misalnya, Anda bisa menggunakan kain microfiber sebagai pengganti tisu, sarung tangan kain atau karet yang tebal, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Tembok dengan Keramik

Selain itu, coba gunakan alat kebersihan yang ramah lingkungan dan bisa dikomposkan. Sebagai contoh, saat ini sudah ada sabut kelapa sebagai pengganti spons, sikat botol kayu, sikat gigi bambu, dan sebagainya.

Buat produk pembersih sendiri

Untuk membantu mengurangi sampah plastik dan kimia akibat produk pembersih, bisa beralih menggunakan produk pembersih buatan rumah alias homemade cleaner.

Biasanya, pembersih buatan rumah ini terbuat dari bahan-bahan yang biasa ditemukan di dapur, seperti cuka, baking soda, hingga lemon. Anda pun bisa menemukan berbagai resep simpel untuk membuat produk pembersih sendiri.

Sebagai catatan, tidak semua jenis permukaan cocok dibersihkan dengan benda tertentu. Misalnya, bahan seperti kayu dan marmer biasanya tidak cocok dengan cuka atau baking soda karena bersifat abrasif. Pastikan Anda tahu bahan apa yang sesuai dengan benda tertentu.

Baca Juga: Bikin Rumah Tampil Cantik, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu!

Pakai produk sesuai dengan petunjuk

Ketika menggunakan produk pembersih konvensional buatan pabrik, pastikan menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang disertakan pada kemasannya.

Sebab, dengan mengikuti petunjuk penggunaan, Anda akan terhindar dari penggunaan produk yang berlebihan, sehingga dapat mengurangi limbah kimia. Selain itu, Anda pun dapat menghemat penggunaan produk sehingga tidak harus sering-sering membelinya.

Gunakan produk yang bisa diisi-ulang

Mengutip laman Lilly’s Eco Clean, menggunakan produk kebersihan yang bisa diisi ulang dapat membantu mengurangi produksi sampah plastik dari kemasan sekali pakai.

Jika memungkinkan, cobalah berbelanja produk-produk kebersihan rumah tangga yang bisa diisi ulang. Bahkan, saat ini sudah banyak refill station yang menyediakan produk kebersihan curah sehingga Anda tinggal membawa botol kosong untuk mengisi ulang produknya di sana.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengurangi sampah saat membersihkan rumah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News