Keluarga

Mau Membeli Rumah Baru? Pertimbangkan Sejumlah Faktor Ini agar Tak Salah Pilih!

Mau Membeli Rumah Baru? Pertimbangkan Sejumlah Faktor Ini agar Tak Salah Pilih!

MOMSMONEY.ID - Membeli rumah membutuhkan uang yang tidak sedikit. Selain itu, rumah yang akan Anda beli adalah rumah yang akan Anda tinggali hingga puluhan tahun. Sehingga, perlu pertimbangan yang matang untuk memilih rumah yang bisa memenuhi semua kebutuhan Anda dan keluarga. 

Supaya tidak menyesal, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini. Melansir dari Properti 99, hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah kebutuhan keluarga. Bagi keluarga muda, membeli rumah harus mempertimbangkan rencana memiliki anak. Jika tidak disesuaikan, bisa jadi jumlah kamar yang telah dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga. 

Pertimbangan lainnya adalah mengenai luas garasi, rencana renovasi hingga kebutuhan ruang terbuka hijau di rumah. Anda bisa mendiskusikan ini bersama pasangan atau rekan terdekat. 

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan antara lain: 

Perhatikan lokasi dan akses dari maupun ke rumah

Lokasi rumah yang dimaksudkan adalah menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Jika Anda memilih lokasi di tengah kota, maka Anda butuh dana yang lebih besar. Namun akses ke fasilitas umum akan lebih mudah. Begitu pula sebaliknya. Jika Anda memilih lokasi di pinggiran, maka pastikan ada akses kendaraan umum yang mempermudah mobilitas Anda.

Baca Juga: Mau Punya Kartu Kredit? Mandiri Punya Layanan Bikin Kartu Kredit Cuma 5 Menit

Nasabah Bertransaksi di ATM

Cari tahu fasilitas yang ada di sekitar rumah

Pastikan Anda memahami lingkungan sekitar rumah baru yang akan Anda pilih. Sesederhana dekat dengan toko kelontong. Keberadaan toko kelontong di dekat rumah akan mempermudah Anda untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga. Selain itu, fasilitas yang perlu kamu perhatikan adalah:

  • Dekat dengan rumah sakit atau puskesmas.
  • Dekat dengan tempat ibadah. 
  • Dekat dengan pasar.
  • Dekat dengan ATM. 

Pahami lingkungan sekitar di dekat rumah Anda

Anda bisa mulai mencari tahu apakah kawasan rumah Anda berada di wilayah rawan bencana. Sehingga kamu bisa melakukan tindakan preventif jika memilih rumah tersebut. Pastikan juga mengenai struktur tanah dan akses air bersih. 

Baca Juga: Harga Rumah Makin Tinggi, Pilih Beli Rumah atau Ngontrak?

Perhatikan material yang digunakan untuk membangun rumah

Anda perlu menanyakan material yang digunakan kepada pihak yang membangun, atau pemilik rumah sebelumnya. Tentu saja ini bisa menjadi tindakan preventif jika terjadi kerusakan. Misalkan saja rumah yang menggunakan batu bata lebih kokoh dibandingkan dengan batako. Begitu pula lantai dengan pelat beton akan lebih kuat dibanding lantai yang hanya disemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News