Keluarga

Mau Masak Rendang? Ikuti 4 Tips Pilih Daging Sapi Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

Mau Masak Rendang? Ikuti 4 Tips Pilih Daging Sapi Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

MOMSMONEY.ID - Sudah beli daging sapi untuk persiapan bikin rendang nanti? Kalau belum, mari simak sederet tips memilih daging sapi segar, berikut ini.

Daging sapi segar sangat memengaruhi rasa hidangan yang dihasilkan! Jadi daripada salah memilih daging sapi yang akan dikonsumsi, lebih baik simak cara memilih daging sapi yang masih segar berikut ini. Melansir dari Maggi dan Tasty Craze, berikut selengkapnya!

Warna merah segar

Moms, daging sapi yang masih segar sangat mudah dibedakan hanya dengan melihatnya saja.

Dengan mengecek lewat warna daging, kita dapat dengan mudah mengetahui apakah daging sapi termasuk ke dalam golongan yang masih segar ataupun sudah tak segar.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Daging Sapi Segar

Daging sapi segar punya warna khas berupa merah segar. Daging sapi yang sudah tak segar biasanya berwarna merah pucat.

Sementara daging sapi yang berwarna merah keunguan biasanya telah terpapar oksigen. Namun, daging sapi merah keunguan ini masih baik apabila ingin dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Cara Awetkan Makanan Bersantan Sisa Lebaran Agar Tak Mudah Basi, Terbukti Efektif!

Aromanya khas

Daging sapi yang masih segar biasanya serat maupun ototnya masih menempel pada tulang. Selain itu juga menimbulkan aroma khas daging mentah. Namun, aroma ini bukanlah aroma busuk.

Aroma khas daging segar biasanya muncul bergantung pada suhu kamar yang ditempatkan setelah daging dipotong.

Aroma ini memang khas namun tidak terlalu menyengat. Daging sapi yang sudah tak segar biasanya berbau menyengat.

Baca Juga: Bantu Masakan Semakin Gurih, Ikuti 4 Cara Utama Masak Santan Agar Tak Mudah Pecah

Daging harus kenyal

Daging sapi yang masih segar

Daging sapi yang masih segar memiliki tingkat kekenyalan yang baik. Daging sapi segar biasanya apabila ditekan oleh telunjuk, maka teksturnya akan kembali ke semula.

Apabila daging sapi ketika ditekan, bentuknya tak kembali ke semula, maka daging sapi tersebut terindikasi tak segar. Sebab, daging sapi yang sudah lama terkontaminasi oksigen dapat menyebabkan daging jadi lembek, sehingga tak lagi kenyal.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengolah Rendang Agar Empuk dan Bumbunya Meresap

Kebersihan tempat

Kebersihan tempat jadi salah satu indikasi utama dalam memilih daging sapi yang masih segar. Jadi, jangan abaikan hal yang satu ini!

Saat memilih daging segar, perhatikan apakah sang penjual memenuhi kriteria ideal dalam hal kebersihan seperti: memakai masker, sarung tangan khusus, celemek, hingga tingkat kebersihan tempat yang bisa ditinjau berdasarkan banyak tidaknya lalat.

daging sapi

Baca Juga: Harus Dihindari, Ini 4 Kesalahan Saat Masak Rendang untuk Sajian Lebaran

Semakin banyak lalat, semakin Moms harus waspada karena lalat merupakan hewan pembawa larva dan bakteri dari sampah yang mengancam kesehatan pencernaan.

Itulah beberapa tips memilih daging sapi segar yang bisa Moms terapkan. Jadi, hidangan rendang yang akan Moms siapkan saat Lebaran terasa lebih lezat karena daging yang dipilih pun berkualitas baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News