Keluarga

Mau Langsing? Ini 4 Suplemen Penurun Berat Badan Alami yang Efektif dan Aman Dicoba

Mau Langsing? Ini 4 Suplemen Penurun Berat Badan Alami yang Efektif dan Aman Dicoba

MOMSMONEY.ID - Bisa dipertimbangkan, ini 4 suplemen penurun berat badan alami yang efektif dan aman dicoba.

Makan makanan sehat dan olahraga teratur merupakan langkah penting untuk menurunkan berat badan secara efektif. Meskipun begitu, suplemen penurun berat badan alami bisa dipertimbangkan untuk memaksimalkan hasil.

Dengan mengonsumsi suplemen penurun berat badan alami, itu dapat membantu menurunkan berat badan dengan tiga cara yaitu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, mengurangi nafsu makan, dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalori dari makanan.

Ada 4 pilihan suplemen penurun berat badan alami yang efektif dan aman dicoba menurut pakar kesehatan dalam laman Insider. Inilah daftarnya.

Baca Juga: Bad Mood? Ini 4 Teh yang Berkhasiat Meningkatkan Suasana Hati

1. Kafein

Kopi hitam

Kafein termasuk bahan umum dalam suplemen penurun berat badan. Ini karena kafein merupakan stimulan yang dapat memicu pemecahan lemak dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Dalam ulasan tahun 2018, peneliti menemukan bahwa penggandaan asupan kafein mampu meningkatkan penurunan berat badan. Selain itu, sebuah penelitian kecil pada tahun 2005 menemukan penurunan berat badan, massa lemak, dan ukuran pinggang yang lebih besar pada konsumen kafein tingkat tinggi dibandingkan kelompok plasebo.

Adapun rekomendasi jumlah konsumsi kafein harian yang aman yaitu sekitar 400-500 miligram per orang dewasa. Jika berlebihan, kafein dapat menyebabkan tubuh membangun toleransi terhadapnya yang akan mengurangi efektivitas dari kafein itu sendiri. Pada dosis yang tinggi, kafein juga bisa menyebabkan mual dan muntah.

2. Green coffee bean

Suplemen green coffee bean

Green coffee bean atau biji kopi hijau juga cukup sering digunakan dalam banyak suplemen penurun berat badan karena memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi lemak dan mengubah gula menjadi energi alih-alih lemak.

Dalam tinjauan studi tahun 2011 tentang efektivitas ekstrak green coffee bean sebagai suplemen penurun berat badan, para peneliti menemukan bahwa green coffee bean dapat meningkatkan penurunan berat badan. Namun, penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan untuk menentukan efek green coffee bean secara penuh.

National Institutes of Health menyatakan bahwa green coffee bean aman bila dikonsumsi tidak lebih dari 200 miligram per hari selama kurang dari 12 minggu. Kendati demikian, green coffee bean mungkin memberikan efek samping seperti sakit kepala dan infeksi saluran kemih pada beberapa orang.

Baca Juga: Sedang Diet? 5 Jus Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Lebih Cepat

3. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau atau green tea diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh serta mengurangi penyerapan lemak dan jumlah lemak yang dihasilkan oleh tubuh.

Berdasarkan studi kecil pada tahun 2008 tentang efektivitas teh hijau untuk menurunkan berat badan pada orang gemuk, peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan teh hijau, sementara kelompok kedua diberikan plasebo selama 12 minggu. Di akhir penelitian, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan penurunan berat badan sebesar 3,3 kg antara peserta dalam kelompok pertama dan kelompok kedua.

Nah, apabila Anda tertarik untuk menggunakan teh hijau sebagai suplemen penurun berat badan, perlu diingat bahwa pil yang mengandung ekstrak teh hijau kemungkinan tidak aman. Sebagai gantinya, konsumsilah teh hijau seperti biasa dalam bentuk minuman untuk alternatif yang lebih baik.

4. African mango

Suplemen African mango

Suplemen alami terakhir yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan adalah African mango atau mangga Afrika (irvingia gabonesis). African mango dianggap mampu membantu menurunkan berat badan dengan mencegah pembentukan jaringan lemak. Menurut beberapa penelitian eksperimental, pemberian African mango dalam jangka pendek dapat membantu penurunan dan manajemen berat badan.

Dalam sebuah studi tahun 2009 yang menguji tentang efek ekstrak biji African mango untuk menurunkan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan, para peneliti membagi 102 peserta menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi ekstrak biji African mango setiap hari selama 10 minggu dan kelompok lainnya diberi plasebo. Hasilnya, ada penurunan berat badan, lemak, dan lingkar pinggang yang signifikan pada peserta yang diberi ekstrak biji African mango dibandingkan kelompok plasebo.

Meskipun aman, namun African mango mungkin saja memberikan efek samping ringan seperti perut kembung, sakit kepala, dan masalah tidur bagi beberapa orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News