Santai

Mau Kurus? Coba 4 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berikut

Mau Kurus? Coba 4 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berikut

MOMSMONEY.ID - Gunakan beberapa cara berikut ini untuk menekan dan mengurangi nafsu makan berlebih.

Nafsu makan tinggi merupakan kebiasaan yang susah untuk ditekan dan membuat porsi makan menjadi tidak seimbang.

Sehingga penting untuk mengontrol nafsu makan dengan cara alami dan sehat. Seperti cara berikut ini yang dapat digunakan untuk menekan dan mengurangi nafsu makan.

Baca Juga: Badan Kurus Tapi Berlemak? Bisa Jadi Skinny Fat, Ini Tanda dan Cara Mengatasi

Makan lebih banyak serat

Walau pun terlihat sebagai sumber makanan yang kurang mengenyangkan, namun serat ternyata bisa membantu mengontrol nafsu makan seseorang.

Serat membutuhkan waktu penguraian lebih lama dibandingkan dengan sumber makanan lainnya. Serat akan tinggal lebih lama dalam tubuh untuk dicerna dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Makan perlahan

Cara makan pun ternyata juga bisa digunakan untuk mengontrol nafsu makan. Laman Health Line menjelaskan, mengunyah makanan dengan perlahan bisa membantu mengurangi keinginan makan berlebih.

Rasa lapar yang tinggi biasanya membuat orang mengunyah makanannya dengan cepat sehingga membuat tubuh kesusahan untuk mengontrol rasa lapar yang kemudian berakhir pada keinginan untuk makan lebih banyak.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Perut Rata, Ini 4 Manfaat Gerakan Plank untuk Tubuh

Minum sebelum makan

Melansir dari laman Medical News Today, beberapa riset yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi air sebelum makan bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama.

Dengan meminum segelas air putih sebelum makan bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar yang mungkin dirasakan setelah menyantap makanan. Sehingga, air putih dapat digunakan sebagai salah satu pengontrol nafsu makan.

Berolah raga

Berolah raga dengan rutin bisa membantu mengatur keseimbangan hormon, termasuk hormon pengatur nafsu makan.

Selain itu olah raga juga bisa meningkatkan keinginan untuk mengatur pola hidup sehat yang bisa membantu tubuh untuk mendapatkan asupan makanan bergizi seperti protein dan serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Itulah tadi beberapa mudah, alami, dan ampuh yang bisa digunakan untuk menekan dan mengurangi nafsu makan. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News