HOME, Keluarga

Mau Kulit Cokelat Eksotis dengan Aman? Ini 4 Tips Tanning Kulit yang Bisa Anda Tiru

Mau Kulit Cokelat Eksotis dengan Aman? Ini 4 Tips Tanning Kulit yang Bisa Anda Tiru

MOMSMONEY.ID - Tanning atau penyamakan sebagaimana dikutip dari Hello Sehat adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat kulit berwarna lebih cokelat dengan memanfaatkan radiasi dari sinar UV. Kebanyakan, tanning dilakukan dengan tujuan kecantikan baik melalui metode indoor (tanning bed) atau outdoor (berjemur). Meskipun begitu, ada juga yang melakukan tanning untuk membuat kulit lebih tahan terhadap sunburn.

Sama halnya dengan memutihkan kulit, tanning juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Pasalnya, tanning yang dilakukan secara asal-asalan akan membahayakan kulit dan memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kanker kulit.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk tanning, baiknya Anda memahami dengan betul 4 tips tanning di bawah ini yang tentunya aman dan efektif untuk menciptakan kulit cokelat eksotis.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi T-Zone Berminyak, Simple Kok Moms!

1. Gunakan sunscreen

CDC atau Centers for Disease Control and Prevention melaporkan bahwa kurang dari 15% pria dan 30% wanita menggunakan sunscreen secara teratur. Padahal, sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Sebelum berjemur, selalu ingat untuk menggunakan suncsreen secara merata ke area tubuh yang terbuka ya. Gunakanlah sunscreen berspektrum luas dengan SPF minimal 30. Untuk perlindungan terbaik, aplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam dan lebih sering lagi jikalau Anda berkeringat.

2. Hindari tanning bed

Ada lebih banyak kasus kanker kulit akibat penggunaan tanning bed dibandingkan kasus kanker paru-paru akibat rokok.

Tanning di dalam ruangan menggunakan tanning bed dinilai lebih berbahaya daripada tanning yang dilakukan di luar ruang. Hal tersebut dikarenakan sinar UV intens pada tanning bed dipancarkan secara langsung ke tubuh tanpa penghalang apapun. Sementara itu, jika Anda melakukan tanning di luar ruangan, ada lebih banyak penghalang fisik untuk melindungi Anda dari pancaran radiasi UV yang terlalu banyak.

Selain itu, paparan radiasi UV langsung yang diterima dari tanning bed juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata dalam bentuk peradangan, katarak, bahkan kanker mata.

3. Pakai self tanner

Salah satu cara paling aman untuk tanning kulit yaitu dengan menggunakan produk self tanner atau tanning spray. Sebagian besar produk self tanner dan tanning spray tergolong aman dan telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration). Pasalnya, kedua jenis produk tanning tersebut hanya digunakan pada lapisan luar kulit sehingga tidak menembus kulit dan tidak menyebabkan kerusakan layaknya sinar UV.

Dengan menggunakan self tanner atau tanning spray, kecokelatan pada kulit akan bertahan setidaknya selama 1 minggu. Supaya tan skin yang dihasilkan lebih tahan lama, lakukanlah eksfoliasi terlebih dahulu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

4. Konsumsi suplemen

Selain mengutamakan cara dan penggunaan produk tanning yang tepat, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang telah terbukti mampu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari seperti polypodium leucotomos.

Untuk mengurangi risiko kanker kulit, Anda dapat mengonsumsi nicotinamide (suplemen vitamin B3). Kendati demikian, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan atau mencari tahu informasi seputar suplemen ini sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya ya.

Nah, itulah 4 tips tanning kulit yang aman untuk menciptakan kulit cokelat nan eksotis. Jadi, apakah Anda tertarik untuk tanning kulit sekarang juga?

Selanjutnya: Para Working Moms, Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan Supaya Kehidupan Anda Seimbang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News