Bugar

Mau Kulit Cerah Pagi Hari? 5 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur

Mau Kulit Cerah Pagi Hari? 5 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur

MOMSMONEY.ID - Saat bangun tidur melihat wajah cerah dan lembab adalah impian banyak wanita. Tentunya, Anda bisa memilikinya! Namun, ada beberapa kebiasan-kebiasaan baik yang harus Anda lakukan sebelum tidur.

Bahkan, kebiasaan baik ini tidak hanya memberikan hasil wajah cerah tapi juga sehat. Lakukan kebiasaan ini secara rutin dan tekun. Melansir dari cleanandclear.co.id, inilah kebiasaan yang harus dilakukan sebelum tidur, yaitu: 

1. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Kebiasaan pertama yang dilakukan sebelum tidur yaitu membersihkan wajah. Setelah berativitas seharian, wajah akan berkeringat, terpapar debu, polusi, make up dan kotoran yang menempel. Sehingga sangat diharuskan untuk membersihkan wajah dahulu. 

Kotoran dan minyak yang menempel di make up dapat menyumbat pori, jika dibiarkan akan membuat jerawat lebih mudah untuk berdatangan ke wajah. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur di malam hari.

Lakukan teknik double cleansing saat membersihkan wajah, pertama bersihkan wajah dengan kapas dan micellar water. Lalu, diteruskan dengan fash wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sehingga kotoran yang menempel di wajah dapat hilang sempurna.

2. Menggunakan Pelembab

Setelah membersihkan wajah, dilanjutkan dengan mengoleskan pelembab wajah. Cara ini penting dilakukan karena mencuci muka dan tidur dapat membuat kulit wajah mengalami dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit jadi terlihat kusam di pagi hari. Agar wajah Anda cerah dan lembab di pagi hari, pastikan Anda menggunakan pelembab setelah mencuci wajah. 

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Mudah Ini untuk Packing Skincare Liburan

3. Hindari Begadang

Kebiasaan selanjutnya yaitu hindari begadang. Siapa yang masih tidur diatas jam 11 malam? Kebiasaan ini mulai dihindari jika tidak memiliki aktivitas yang tidak penting. Kebiasaan begadang atau tidur larut malam akan mengganggu produksi kolagen yang kemudian berakibat kulitmu jadi kering dan kusam. Jadi, pastikan untuk tidur dengan cukup selama 7-8 jam setiap malam.

4. Tidur dengan Posisi Terlentang

Berikutnya, tidur dengan posisi terlentang. Ternyata posisi tidur memiliki peran kepada kondisi kulit, loh. Bagi Anda yang terbiasa tidur dengan posisi miring atau menyamping, coba ubah kebiasaan ini.

Tidur menyamping dapat membuat area wajah jadi tertekan dan menyebabkan munculnya garis-garis halus yang kemudian membuat kulit jadi kusam.

Jadi, jika Anda mau punya wajah cerah saat bangun tidur, hindari tidur menyamping dan ganti posisi tidur dengan posisi telentang. Hal ini juga termasuk investasi jangka panjang untuk kulit.

5. Memperbaiki Gaya Hidup

Terakhir, memperbaiki gaya hidup. Cara ini dapat mempengaruhi ke kondisi kesehatan Anda juga ko. Konsumsi secara rutin buah-buahan, sayuran dan kebutuhan air dalam tubuh dengan minum minimal 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya. 

Kemudian, usahakan untuk berolahraga 2-3 kali seminggu minimal 30 menit, minum 2 liter air dan konsumsi buah dan sayur setiap hari. Sehingga kulit Anda akan terpenuhi nutrisinya dan jadi lebih sehat serta tampak cerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News