Santai

Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini Tips Packing Yang Perlu Anda Tahu

Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini Tips Packing Yang Perlu Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Siapa yang akan menolak jika mendapatkan tawaran untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri? Apalagi jika Anda mendapatkan beasiswa. Pergi ke luar negeri adalah mimpi banyak orang. Jika tidak, tak mungkin beasiswa LPDP adalah program yang sangat diminati oleh anak dalam negeri. 

Anda bisa mendapatkan pengalaman baru di luar negeri, mulai dari memahami lingkungan di sana hingga budaya berbeda di tempat baru. Namun sebelum pergi ke luar negeri, packing adalah hal yang cukup memusingkan. 

Namun tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses packing. Melansir dari House Digest ini beberapa tips-nya!

Baca Juga: Promo Traveloka 10.10 Buat Liburan ke Luar Negeri, Nikmati Diskon Xperience s.d 35%

Buat perencanaan dengan matang

KEBIJAKAN TANPA KARANTINA BAGI PPLN DI BALI

Perencanaan ini menyangkut berbagai macam aspek. Mulai dari riset negara tujuan, transportasi di negara tersebut, penginapan hingga cuaca di negara baru itu serta mengurus visa kepergian. Mempersiapkan visa cukup memakan proses dan waktu yang lama. Anda harus meluangkan energi dan waktu untuk mengurus visa di kedutaan besar. 

Lakukan riset yang sudah disebutkan di atas, sesuaikan pakaian yang akan Anda bawa ke negara tersebut. Sesuaikan barang bawaan Anda dengan kondisi di tempat tinggal baru Anda. 

Bawa sesedikit mungkin barang

Termasuk pakaian dan perlengkapan lainnya seperti aksesoris, peralatan mandi bahkan peralatan rumah tangga lainnya. Pilih barang-barang yang sangat Anda butuhkan, dan lupakan sisanya. Jika Anda melakukan ini, biaya pengiriman barang bisa lebih murah. Selain itu Anda jadi bisa mengeksplorasi gaya dan kebutuhan sesuai dengan lingkungan baru.

Anda akan membutuhkan alat elektronik khusus

Setiap negara memiliki model konektor listrik yang berbeda. Jika di Indonesia menggunakan konektor dua kaki, berbeda dengan di Singapura yang menggunakan konektor tiga kaki. Berkaca dari hal itu, cek alat-alat elektronik khusus yang berlaku di negara tujuan. Beli travel adapter adalah hal yang sangat penting jika Anda akan pergi ke luar negeri.

Baca Juga: Gunakan Promo Rental Mobil Akhir Pekan, Diskon Hingga 20% di Traveloka

Jual atau donasikan barang yang Anda miliki

Lihat kembali isi lemari sebelum Anda pergi. Ingat bahwa Anda akan pergi dengan minimal dua tahun jika mengambil kuliah S2. Selama dua tahun tersebut, Anda tidak akan menyentuh baju yang ada di lemari tersebut. Pilihlah beberapa baju dan barang yang Anda rasa tidak akan digunakan lagi dan masih layak untuk dijual atau didonasikan. Sisakan beberapa baju untuk berjaga-jaga jika Anda mendadak pulang ke Indonesia. 

Anda bisa, tentunya, menyimpan surat-surat penting, baju-baju formal berwarna putih dan hitam untuk acara duka atau pesta resmi lainnya. Sisakan beberapa baju tidur di rumah. 

Pertimbangkan dengan matang soal kendaraan

Jika di Indonesia Anda terbiasa dengan kendaraan pribadi, cek kembali budaya berkendara di negara tujuan. Di sebelah mana posisi sopir mobil di negara tersebut, kanan atau kiri? Jika di kiri seperti di Amerika Serikat maka mobil Anda tidak akan berguna di sana. Apakah kendaraan umum di sana sudah terintegrasi dengan baik? Jika iya, sebaiknya Anda tak perlu membawa kendaraan ke negara tujuanmu terutama karena biaya pengiriman yang mahal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News