Keluarga

Mau Bikin Kue Cokelat? Ini 4 Jenis Cokelat yang Bisa Diolah Menjadi Kue

Mau Bikin Kue Cokelat? Ini 4 Jenis Cokelat yang Bisa Diolah Menjadi Kue

MOMSMONEY.ID - Cokelat tak hanya bisa dimakan sebagai camilan, namun juga digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue. Cokelat jadi salah satu bahan utama jika Anda ingin membuat kue dengan warna dan rasa yang mirip dengan cokelat batangan.

Ternyata, ada beberapa jenis cokelat yang bisa diolah dan dijadikan sebagai bahan pembuatan kue. Apa saja jenisnya? Dilansir dari Pondan, berikut ini beberapa jenis coklat yang dapat diolah menjadi bahan kue:

Cokelat susu

Cokelat susu adalah jenis cokelat yang sering dipakai untuk pembuatan aneka macam kue. Cokelat susu sendiri merupakan jenis yang paling umum dengan berbagai merek yang beredar di pasaran.

Cokelat susu memiliki kandungan yang terdiri atas gula, susu, dan tentu kakao. Meski begitu, cokelat ini tetap mengandung gizi seperti vitamin B6 dan B12.

Karena cokelat jenis ini sudah mengandung gula dan susu, maka penambahan takaran gula dalam kue harus lebih sedikit atau tidak memakai gula sama sekali untuk menghindari kue yang kemanisan.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Adonan Donat Jadi Kalis dan Empuk, Dijamin Anti Gagal!

Cokelat hitam

Coklat hitam

Cokelat hitam juga menjadi jenis cokelat yang sangat sering digunakan untuk pembuatan kue. Ini karena cokelat hitam merupakan cokelat murni tanpa adanya tambahan gula dan susu seperti cokelat susu sehingga akan lebih mudah untuk menakar kue.

Cokelat hitam memiliki kadar kakao hingga 85% sehingga rasanya cenderung pahit. Meski begitu, kue yang dihasilkan dari cokelat hitam ini tetap memiliki rasa manis karena ditambahkan gula.

Tak hanya itu, cokelat hitam memiliki kandungan nutrisi paling banyak dibandingkan jenis cokelat lainnya. Cokelat hitam memiliki fosfor, kalsium, zat besi, kalium hingga vitamin A dan K yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

Cokelat putih

Coklat putih

Cokelat putih tak sesering cokelat hitam dalam hal penggunaan untuk kue. Ini karena cokelat putih mengandung gula yang sangat tinggi sehingga tak baik untuk kesehatan serta rasanya tak akan terlalu enak karena terlalu manis.

Cokelat putih berasal dari kakao yang sama seperti cokelat hitam. Hanya saja cokelat putih menggunakan lemak cokelat yang membuatnya terlihat berwarna putih gading. Cokelat putih tak menggunakan bubuk kakao sehingga warnanya tak menjadi kecoklatan.

Bagi Anda yang tak terlalu suka rasa kue yang sangat manis, MomsMoney tak menyarankan nda menggunakan jenis cokelat yang satu ini, ya!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ayam Goreng Tepung Jadi Renyah dan Krispi

Cokelat couverture

Cokelat couverture adalah jenis cokelat yang berkualitas tinggi yang telah melalui proses penggilingan sehingga kualitasnya terjamin.

Cokelat couverture itu sendiri terbuat dari campuran cocoa solid atau bubuk kakao dengan cocoa butter atau lemak kakao dengan persentase tinggi.

Karena cokelat couverture adalah cokelat berkualitas, maka untuk dapat mengolahnya, cokelat ini perlu dilelehkan pada suhu tertentu. Para koki dan chef biasa mengolah jenis cokelat ini untuk berbagai jenis hidangan mulai dari kue hingga es krim yang dibuat di hotel dan restoran mewah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News