Keluarga

Mau Beli Sprei? Jangan Salah Pilih, Ini 10 Bahan Sprei yang Adem

Mau Beli Sprei? Jangan Salah Pilih, Ini 10 Bahan Sprei yang Adem

MOMSMONEY.ID - Moms sedang berencana membeli sprei? Yuk, simak 10 bahan sprei yang adem di sini supaya tak salah beli. 

Melansir Leven Cotton, kita menghabiskan sekitar 1/3 waktu alias 8 jam setiap harinya di kamar tidur. Saat jamnya tidur, Anda perlu memperhatikan kualitas tidur yang baik supaya segar saat harus beraktivitas.

Salah satunya dengan menjaga suhu yang nyaman. Lalu, bahan sprei seperti apa yang adem dan membuat suhu tidur tetap nyaman? 

Suhu terbaik untuk tidur berkualitas adalah 18-24 derajat Celcius. Maka Anda perlu memilih bahan sprei yang adem tanpa harus menggunakan AC.

Baca Juga: Google Meet Mulai Berbayar, Ini Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Gratis

Melansir Leven Cotton dan In The Box, berikut 10 bahan sprei yang adem:

1. Katun Korea atau CVC

Bahannya terdiri dari 70% katun dan 30% viscose atau rayon atau polyester. Adapun viscose atau rayon sering digunakan sebagai bahan jaket. Semakin tinggi penggunaan katun, maka sprei dari bahan ini bakal semakin adem. 

2. Katun Jepang

Biasanya terbuat dari 95% kain katun sehingga sangat lembut dan dingin meski cuaca panas. Jenis bahan sprei yang adem ini juga membuat udara leluasa keluar masuk sehingga sesuai untuk iklim tropis. Jenis ini semakin dipakai semakin lembut. 

3. Katun Catara atau Lokal

Terbuat dari jenis katun lokal yang terdiri dari 80% katun dan 20% polyester. Dengan kombinasi dominan bahan katun maka sprei yang satu ini cocok Anda pilih jadi bahan sprei yang adem.

Baca Juga: Tidak Boleh Disepelekan, Ini 5 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

4. Katun Panca

Hampir mirip seperti Katun lokal, namun memiliki komposisi kain katun yang lebih rendah. Jenis ini biasanya hanya menggunakan 75% kain katun dan 25% polyester. Sehingga tingkat keademan bahan sprei yang ini akan sedikit berkurang.

5. Bahan TC

Bahan sprei ini adalah bahan yang sering Anda temui di pasaran. Melansir Rukita, 50% sprei yang dijual di pasar terbuat dari bahan TC.

Bahan sprei yang satu ini terbilang lebuh murah dibanding yang lainnya. Namun, mudah luntur dan mudah kasar setelah dicuci berkali-kali. 

6. Sutra

Bahan sprei yang adem ini terbuat dari serat protein alami ulat sutera. Jenis ini adalah jenis termahal dengan ciri-ciri licin, lemas, dan tampak berkilau.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Indodana PayLater buat Liburan, Diskon Rp 1 Juta di Tokopedia

7. Katun China atau Twill

Bahan sprei twill ini terbagi menjadi dua kelas. Kelas pertama adalah twill dengan kualitas tinggi setara katun Jepang dan kelas kedua lebih tipis. Twill kelas kedua juga memiliki warna yang tidak begitu cerah, namun lebih mudah ditemukan di pasaran.

8. Tencel atau Katun Organik

Bahan sprei yang adem ini terbuat dari turunan bahan alami seperti serat bambu sehingga sangat adem dan lembut. Tapi, kurang cocok dipakai sehari-hari karena membutuhkan penanganan khusus. Anda perlu mencuci dry clean.

9. Jacquard Tencel

Bahan sprei yang adem ini terbuat dari 100% katun dan dikenal sebagai bahan katun terbaik di Eropa. Selai itu, tekstur kainnya pun lebih tebal dan terasa lebih dingin. Ini termasuk bahan sprei adem berkualitas tinggi. 

10. Jacquard Sutra

Jenis kain ini sekilas mirip dengan bahan sutera yang biasa. Tetapi, jenis bahan sprei yang adem ini memiliki kualitas kain yang lebih nyaman dan halus saat digunakan. Motifnya juga terlihat lebih elegan. 

Bahan sprei yang adem seperti jacquard tencel dan jacquard sutra biasanya dibanderol mulai dari Rp 600.000 hingga jutaan rupiah. Tentu semakin banyak bahan katun yang digunakan maka bahan sprei semakin adem.

Kalau Moms, kira-kira akan pilih bahan sprei yang mana? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News