HOME, Santai

Mau Beli Catok? Perhatikan Hal Ini Dulu, Yuk

Mau Beli Catok? Perhatikan Hal Ini Dulu, Yuk

MOMSMONEY.ID - Menata rambut merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan terutama bagi wanita. Menggunakan catokan rambut menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menata rambut dengan berbagai gaya.

Memiliki catokan akan membuat kegiatan menata rambut menjadi lebih mangasyikkan. Memilih catokan yang tepat sebelum membeli juga perlu menjadi perhatian loh.

Nah, ada baiknya untuk memperhatikan 3 hal berikut ini ya sebelum membeli catokan.

Baca Juga: Penting! Ketahui 4 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Rambut

Bahan

Penting untuk mengetahui bahan catokan yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Melansir dari laman Chatters, bahan pelurus rambut seperti ceramic/keramik akan cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rambut mengembang. Karena bahan ini mampu memberikan hasil rambut lurus dan lembut dalam temperature rendah.

Bagi yang memiliki rambut frizzy atau sedikit keriting, bahan tourmaline akan sangat sesuai untuk Anda gunakan. Karena catokan dengan bahan ini memiliki ion negatif yang mampu melembutkan rambut keriting dan mengunci kutikel rambut.

Ukuran

Sesuaikan ukuran catok dengan kondisi rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut panjang, ada baiknya untuk menggunakan catok yang memiliki ukuran besar. Namun jika Anda memiliki rambut yang lebih pendek, gunakan catok dengan ukuran kecil. 

Baca Juga: Viral, Ini Dia Produk Kecantikan Asal Thailand Yang Patut Anda Coba

Pastikan Anda memilih ukuran catok yang fleksibel dan sesuai dengan ukuran tangan Anda ya. Agar merasa nyaman saat Anda menata rambut dengan catok yang Anda miliki.

Bentuk

Catok memiliki banyak bentuk yang tentunya disesuaikan dengan fungsi dan hasil yang diinginkan. Dari laman Adore Beauty, jika Anda memiliki catokan dengan ujung yang datar tentu saja akan sulit untuk menggunakannya sebagai pengeriting rambut.

Namun jika Anda memiliki catokan dengan bentuk ujung yang lebih bulat, akan lebih mudah mengubah catokan Anda menjadi catokan sekaligus pengeriting. Pastikan Anda tahu catokan Anda akan difungsikan sebagai pelurus atau pengeriting rambut.

Sebagai tambahan, ada baiknya memilih catokan yang memiliki temperature pada body catokannya. Temperature penting untuk menjaga stabilitas panas yang dihasilkan oleh alat catok Anda. 

Selanjutnya: Yuk, Rawat Ketiak dengan Cara Ini Agar Tetap Bersih dan Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News