Keluarga

Mau Anak Jadi Hafiz? Ini 7 Cara untuk Mengajarkan Anak menghafal Al-Qur’an

Mau Anak Jadi Hafiz? Ini 7 Cara untuk Mengajarkan Anak menghafal Al-Qur’an

MOMSMONEY.ID - Jangan lewatkan, ini 7 cara untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an.

Setiap muslim yang sudah menjadi orang tua tentu ingin anak-anaknya mencintai dan bahkan menjadi hafiz atau penghafal Al-Qur’an.

Kendati sulit, namun bukan berarti keinginan tersebut tidak bisa diwujudkan. Asalkan konsisten, orang tua dapat membantu anaknya untuk menjadi sosok hafiz Al-Qur’an.

Lebih cepat lebih baik, membantu anak untuk belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an sebaiknya dilakukan sedini mungkin.

Pasalnya, anak yang masih kecil cenderung mudah diarahkan dan memorinya masih sangat tajam.

Dilansir dari Ekselensia Tahfizh School, inilah 7 cara untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yang bisa orang tua praktikkan:

Baca Juga: Tantrum: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasi Tantrum pada Anak dengan Tepat

1. Biasakan anak untuk mendengar bacaan Al-Qur’an

Cara pertama untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu membiasakan mereka untuk mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Sebaiknya, mulailah kebiasaan ini sedari anak masih berada di dalam kandungan. Selama hamil, dianjurkan bagi Anda untuk mendengarkan kaset tilawah sesering mungkin.

Lama kelamaan, telinga anak akan terbiasa dengan bacaan Al-Qur’an. Ke depannya setelah anak lahir, Anda akan lebih mudah untuk mengajarkan mereka cara membaca sekaligus menghafal Al-Qur’an.

2. Manfaatkan flash card berisi huruf hijaiyah

Cara kedua untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu dengan memanfaatkan flash card atau kartu warna-warni berisi huruf hijaiyah.

Penggunaan flash card diharapkan mampu membantu anak memahami bacaan Al-Qur’an dengan cara yang menyenangkan.

Anda bisa memberikan flash card berisi huruf hijaiyah sedari anak berusia 6 bulan supaya penglihatan mereka dapat terbiasa dengan huruf hijaiyah sedini mungkin.

3. Tampilkan video penghafal Al-Qur’an

Cara ketiga untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu menampilkan video para penghafal Al-Qur’an. Cara ini dilakukan untuk memotivasi anak agar semakin bersemangat untuk menghafal Al-Qur’an.

Ada banyak video hafalan Al-Qur’an di YouTube. Carilah video yang paling disukai anak misal dalam bentuk kartun.

Dengan begini, anak akan terdorong untuk mengikuti bacaan Al-Qur’an yang dilafalkan oleh karakter favoritnya di dalam video.

4. Putar audio tilawah

Cara keempat untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu memutar audio tilawah. Percayalah, anak akan lebih mudah menghafal Al-Qur’an jika mereka sering mendengarnya di mana-mana.

Semakin sering anak mendengarkan bacaan Al-Qur’an, maka semakin mudah bagi mereka untuk menghafalnya.

Jadi, jangan ragu untuk memperdengarkan anak Anda audio tilawah setiap hari. Untuk memudahkan saat ingin memutar bacaan Al-Qur’an, Anda bisa mengunduh aplikasi Al-Qur’an berbentuk audio di smartphone atau tablet.

Baca Juga: Anak Remaja Stres Akibat Jerawatan? Ini 4 Hal yang Harus Orang Tua Lakukan

5. Biasakan anak untuk hafalan surat pendek sebelum tidur

Cara kelima untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu membiasakan anak untuk hafalan surat pendek sebelum tidur.

Alih-alih mendengungkan lagu nina bobo, alangkah baiknya Anda mengajak anak untuk melafalkan surat-surat pendek yang mudah dihafal secara bersama-sama sebelum tidur.

Walaupun si kecil belum lancar membaca dan masih terdengar cadel, namun teruskan saja kebiasaan ini. Pada gilirannya, bacaan Al-Qur’an anak akan semakin lancar dan fasih seiring berjalannya waktu.

6. Jadikan membaca Al-Qur’an sebagai hobi

Cara keenam untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu menjadikan membaca Al-Qur’an sebagai hobi.

Apabila Anda mau sang buah hati mencintai Al-Qur’an, maka jadilah teladan yang senantiasa mengajak anak untuk membaca Al-Qur’an bersama-sama setiap selesai sholat. Atau, di waktu-waktu tertentu seperti waktu subuh dan sehabis maghrib.

Tunjukkan kepada anak bahwa membaca Al-Qur’an merupakan kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan anak beragam permainan asah otak yang berkaitan dengan Al-Qur’an agar mereka semakin tertarik untuk mendalami Al-Qur’an.

7. Uji bacaan Al-Qur’an anak

Cara ketujuh untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an yaitu menguji bacaan Al-Qur’an anak saat mereka sudah bisa menghafal surat-surat pendek yang ada di juz 30.

Menguji hafalan akan membantu anak menyimpan ayat-ayat suci Al-Qur’an di dalam otak sekaligus memudahkan mereka untuk menghafal surat lain yang lebih panjang.

Apabila hafalan anak tidak lancar, jangan pernah menghukumnya karena ini akan membuat mereka takut untuk terus menghafal Al-Qur’an.

Sebaliknya, tetap dorong anak dan beri mereka semangat untuk menghafal Al-Qur’an dengan cara memberitahu potongan ayat yang anak lupa sehingga mereka mengingat kembali ayat yang sedang dibaca.

Itulah 7 cara untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News