CLOSE [X]
ads

Matahari Membuat Kulit Anda Inflamasi? Terapkan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:40 WIB
Matahari Membuat Kulit Anda Inflamasi? Terapkan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya


MOMSMONEY.ID - Inflamasi atau peradangan kulit merupakan tanda adanya respons imun dalam tubuh. Gejalanya bisa berupa kemerahan, panas, gatal, sensitif, hingga bengkak.

Adapun salah satu penyebab atau pemicu inflamasi kulit adalah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Saat kulit Anda mengalami inflamasi, ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang meradang. Sebagai referensi, inilah 5 di antaranya yang tergolong sederhana dan patut Anda praktikkan sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Merawat Kulit Kombinasi dengan Produk-Produk Skincare

1. Hindari sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab utama dari inflamasi kulit. Dan, Anda hanya akan membuat area kulit yang sudah meradang menjadi lebih rusak jika Anda terus berada di luar ruangan. Pasalnya, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat memperburuk kondisi kulit dan meningkatkan potensi infeksi.

Semisal Anda benar-benar harus keluar, pastikan untuk melindungi wajah Anda dengan topi, kacamata hitam, dan sunscreen.

2. Mandi air dingin

Mandi air dingin dapat membantu menenangkan kulit yang meradang. Selagi mandi, hindari untuk menggunakan sabun dan alat mandi yang keras. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih sabun berbahan dasar oatmeal.

Selalu ingat untuk tidak berendam terlalu lama dan berhati-hatilah saat menaikkan suhu air. Hal ini dikarenakan keduanya dapat membuat kulit semakin kering sekaligus menghilangkan minyak alami kulit.

3. Hentikan penggunaan skincare untuk sementara waktu

Inflamasi kulit dapat membuat kulit menjadi ekstra sensitif terhadap bahan-bahan skincare yang biasanya Anda gunakan tanpa masalah. Bahkan, kondisi kulit yang meradang bisa semakin memburuk jika Anda memaksakan diri untuk tetap menggunakan skincare.

Oleh sebab itu, hentikanlah penggunaan skincare secara berlapis-lapis dan buatlah rutinitas perawatan kulit Anda menjadi sesederhana mungkin. Fokuslah pada penggunaan basic skincare meliputi facial wash, moisturizer, dan sunscreen selama kulit Anda mengalami inflamasi. Yang tidak kalah penting, tahan keinginan Anda untuk menutupi kemerahan pada kulit Anda menggunakan makeup karena produk makeup juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

4. Perbaiki menu makan Anda

Selama kulit Anda mengalami inflamasi, pastikan Anda menahan diri untuk tidak mengonsumi produk susu, gula, dan makanan olahan. Pasalnya, makanan semacam ini dapat menyumbat pori-pori lebih dalam dan menyebabkan kulit menghasilkan minyak berlebih. Akibatnya, kondisi kulit Anda akan semakin memburuk akibat tambahan jerawat alih-alih membaik.

Daripada harus mengorbankan kesehatan kulit Anda, perbanyaklah konsumsi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar serta minum air putih dengan lebih sering.

5. Gunakan produk anti-inflamasi

Moms, jika keempat cara sebelumnya tidak menghasilkan perbaikan apapun pada kulit Anda, maka jangan ragu untuk segera menemui dokter kulit ya.

Dengan bantuan dokter kulit, Anda akan mendapatkan krim atau tablet anti-inflamasi yang lebih kuat dan tentunya ampuh untuk menyembuhkan inflamasi pada kulit Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru