Bugar

Masyarakat Umum Sudah Bisa Vaksin Booster Kedua, Gratis

Masyarakat Umum Sudah Bisa Vaksin Booster Kedua, Gratis

MOMSMONEY.ID - Pemberian vaksin booster kedua kepada masyarakat umum usia 18 tahun ke atas sudah berlangsung sejak 24 Januari. Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin mengatakan vaksin ini diberikan secara gratis.

“Gratis, diutamakan bagi mereka yang sudah lebih dari enam bulan setelah dapat vaksinasi booster pertama," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (9/2).

Dia juga mengatakan, tiket vaksinasi booster bisa dilihat di PeduliLindungi.

Adapun, vaksinasi berbayar masih terus dikaji, dan sifatnya merupakan vaksinasi pilihan. Kemenkes menyebut, kebijakan ini paling cepat diterapkan setelah masa transisi pandemi ke endemi berakhir.

Pemberian vaksinasi booster kedua ini merupakan upaya percepatan vaksinasi untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan. Pemerintah memastikan ketersediaan stok vaksin dengan mengutamakan vaksin dalam negeri dan menambah indikasi penggunaan vaksin produksi dalam negeri untuk anak, remaja dan booster heterolog.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Lebih lanjut, Budi mengatakan tahun ini adalah tahun di mana Indonesia akan bergeser dari pandemi menjadi endemi. Kemenkes sudah memiliki kerangka strategi dan terus berdiskusi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Budi mengatakan, WHO akan melakukan evaluasi di setiap negara untuk melihat dampak COVID-19 ini terhadap rumah sakit dan angka kematian akibat COVID-19.

“Kalau angka yang masuk rumah sakit, yang masuk ICU dan wafat sudah sama seperti penyakit menular lain seperti influenza, demam berdarah, tuberkulosis, dan malaria, itu artinya masuk kategori infeksi biasa sehingga nanti akan menjadi pertimbangan utama mereka untuk mencabut status public emergency of International concern atau bahasa awamnya kita sebut status pandemi dunia,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News