HOME, Bugar

Masih Bingung? Ketahui 6 Cara Memilih Body Lotion dengan Tepat

Masih Bingung? Ketahui 6 Cara Memilih Body Lotion dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Semakin banyak pilihan produk body lotion yang bisa Anda pakai. Body lotion dijual dengan berbagai manfaat, seperti mencerahkan warna kulit, melembapkan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan lain-lain. 

Namun, yang paling terpenting adalah pilih body lotion yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit Anda. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan hasil kulit yang bersih, lembut, cerah dan sehat. Agar tidak keliru, berikut cara memilih body lotion dengan benar yang dikutip dari pickybest.id, yaitu: 

Kulit Tubuh

1. Produk mengandung komponen efektif memutihkan kulit

Cara memilih body lotion dengan benar pertama adalah pilih produk mengandung komponen efektif memutihkan kulit. Body lotion paling tidak memiliki empat bahan pemutih yang terkandung seperti arbutin, kojic acid, glutathione dan Niacinamide (Vitamin B3).

Kemudian, Anda akan menemukan komponen pemutih lain seperti placenta extract, hydroquinone, linoleic acid, astaxanthin, collagen, pro-retinol, vitamin C, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda selalu membaca komponen produk sebelum membeli body lotion, lalu baca bahan pencerah utama produk tersebut untuk memahami efektivitas hasilnya.

2. Produk mengandung pelembab yang baik

Cara memilih body lotion dengan benar selanjutnya yaitu produk mengandung pelembab yang baik. Seperti yang Anda tahu bahwa kelembaban pada kulit sangat penting untuk dijaga. Sehingga saat memilih body lotion, Anda juga harus memperhatikan kandungan pelembabnya.

Lihat komposisi bahan-bahan yang bagus dalam melembapkan kulit yakni ada kolagen, glycerin, hyaluronic acid, tocopheryl acetate atau vitamin E, propylene glycol, arginine, squalene, dan ceramide. Selain itu, produsen juga melengkapi zat pengikat kelembapan seperti mannitol agar efek melembapkannya bertahan lama. 

Baca Juga: Sehat & Segar! Inilah 4 Manfaat Mengonsumsi Jus Seledri Untuk Kulit Wajah

3. Produk yang dapat melindungi paparan sinar matahari

Selain memilih body lotion yang memutihkan dan melembapkan, pilih produk yang dapat melindungi paparan sinar matahari. Anda harus memilih body lotion yang mengandung SPF dan PA.

Sebaiknya Anda aplikasikan body lotion berformula UV protector. Selain itu, produk dengan nilai SPF/PA tinggi bertindak sebagai alternatif tabir surya. Sehingga anda tidak perlu mengoleskan body lotion terus menerus.

4. Produk aman untuk kulit sensitif

Berikutnya, pilih produk yang aman untuk kulit sensitif. Hal ini dikarenakan area yang kulitnya tipis dan lembut dapat lebih reaktif dibandingkan area kulit terbuka lainnya. Disarankan jika Anda ingin mengaplikasikannya, pilihlah produk yang tidak memiliki zat adiktif supaya aman digunakan ke bagian-bagian tubuh yang lebih sensitif maupun area lain.

5. Periksa konsistensi dan tekstur lotion

Cara memilih produk body lotion selanjutnnya adalah periksa konsistensi dan tekstur lotion. Jika produk memiliki komposisi yang sedikit, mungkin akan terasa ringan dan mudah diratakan. Namun, manfaat yang diberikan jadi tidak maksimal.

Sebaliknya, jika body lotion yang teksturnya cukup padat dan bahkan terasa oily akan cocok untuk anda yang berkulit kering. Produk ini mampu melembapkan kulit secara intensif, tetapi anda harus menunggu agar lotion dapat menyatu dengan kulit. 

6. Memiliki keamanan dan izin edar

Cara memilih produk body lotion terakhir yaitu memiliki keamanan dan izin edar dari BPOM. Ini adalah hal dasar yang harus Anda perhatikan. Sebab produk-produk yang telah teruji oleh BPOM pasti aman dan baik untuk kulit Anda. 

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi memilih produk body lotion. Merawat kecantikan kulit tubuh itu perlu, tapi jangan sampai terlena dengan iklan yang tidak benar ya. Saatnya berburu body lotion favorit anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News