HOME, AturUang

Masih Bingung Kenapa Harus Beli Asuransi Kendaraan? Ini Penjelasannya

Masih Bingung Kenapa Harus Beli Asuransi Kendaraan? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Asuransi kendaraan fungsinya mengembalikan kondisi mobil ke bentuk semula, baik itu karena lecet ataupun hilang.  

Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt mengatakan, apabila kemampuan keuangan kita terbatas dan tinggal di daerah yang cenderung ramai, maka sebaiknya membeli asuransi kendaraan.

Baca Juga: Tips Membeli Asuransi Kendaraan Lewat Aplikasi

"Apalagi kalau kendaraan itu satu-satunya, bahkan menunjang produktivitas," kata Fitri.

Dalam kondisi demikian, saran Fitri pilihlah asuransi all risk, lantaran bisa mengkover kerusakan yang ringan. Dengan begitu cenderung membuat lebih tenang berkendara. Apalagi ada yang mengkover pihak ketiga, yakni kendaraan yang tidak sengaja kita tabrak.

Boleh juga kita memilih mengumpulkan dana darurat, karena menganggap akan rugi beli asuransi jika ternyata tidak ada klaim dalam setahun. Tapi, Fitri mengingatkan, kita tidak pernah bisa memprediksi seperti apa dampak kerusakan nantinya.

"Misalnya saja bayar asuransinya Rp 6 juta. Lantas, karena ditabrak dari belakang oleh mobil lain kena kaca belakangnya. Itu kalau bayar sendiri bisa lebih dari Rp 6 juta karena kena satu pintu," ujar Fitri memberi contoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News