HOME, Keluarga

Masak Jadi Cepat, 3 Bumbu Dasar Siap Pakai Wajib Ada

Masak Jadi Cepat, 3 Bumbu Dasar Siap Pakai Wajib Ada

MOMSMONEY.ID - Memasak sering sekali diburu oleh waktu. Apalagi pada pagi hari, Anda harus menyajikan makanan dengan cepat di meja makan.

Siasat yang biasa Anda lakukan yaitu dengan cara bangun lebih awal atau membuat sarapan yang sederhana.

Agar Anda tidak diburu oleh waktu dan dapat menyajikan makanan yang lezat. Sebaiknya, Anda harus mempersiapkan bumbu dasar siap pakai.

Melansir dari Royco.co.id, ada tiga bumbu dasar yang harus anda miliki yaitu bumbu putih yang biasa digunakan untuk opor dan lodeh, bumbu kuning yang sering digunakan sebagai dasar bumbu soto, dan bumbu merah yang digunakan dalam sajian pedas seperti balado.

Ketiga bumbu tersebut bisa Anda gunakan di setiap waktu memasak. Selain itu, pastikan bumbu dasar disimpan dalam wadah yang tertutup rapat di dalam kulkas.

Agar lebih mengerti, berikut penjelasan tentang tiga bumbu dasar siap pakai, dilansir dari Royco.co.id :

1. Bumbu Putih

Bumbu putih terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Bisa juga tambahkan kemiri untuk menambahkan rasa gurih. Beberapa resep juga menambahkan jahe dan lengkuas. Namun, Anda bisa menambahkannya saat memasak masakan yang menggunakan dua bahan tersebut. Bumbu dasar ini bisa digunakan dalam hidangan seperti gudeg, lodeh, dan opor ayam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Saus Cocolan Enak Bikin Nagih

2. Bumbu Kuning

Bumbu kuning sebenarnya bumbu putih yang ditambahkan kunyit. Anda bisa menggunakan bumbu dasar kuning sebagai bumbu soto atau hidangan ayam goreng dan pepes.

3. Bumbu Merah

Tambahkan cabai merah dan cabai rawit dalam bumbu putih, Anda akan mendapatkan bumbu merah. Berbagai masakan balado atau sambal goreng bisa dibuat dengan bumbu dasar ini.

Bumbu dasar yang telah dibuat bisa tahan beberapa hari asalkan disimpan dengan benar. Agar bumbu dasar tidak mudah rusak, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Simpan bumbu dalam kemasan bersih dan kering. Kemasan basah dan kotor bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri sehingga bumbu bisa cepat basi.

2. Sebaiknya bumbu disimpan dalam kemasan sekali masak, misalnya dalam kantung plastik kecil. Ini akan mengurangi paparan udara yang bisa menyebabkan bumbu menjadi lebih cepat basi.

3. Bumbu bisa juga disimpan dalam wadah gelas yang telah disterilkan dengan direbus selama beberapa saat. Ketika wadah masih panas, masukkan bumbu dan tutup rapat. Cara ini mencegah masuknya bakteri ke dalam wadah penyimpan bumbu.

4. Sebelum dikemas, bumbu sebaiknya dipanaskan atau ditumis dengan panas yang cukup untuk membunuh bakteri.

Dengan adanya tiga bumbu dasar itu, Anda tetap bisa menyajikan masakan yang enak, praktis, mudah dan cepat. Tenang, moms semua ada solusinya ko. 

Selamat memasak!

Selanjutnya: Cemilan Fast Food, Ini Resep Memasak Onion Ring di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News