HOME, Keluarga

Manfaatkan Kopi Bubuk di Rumah untuk Mempercantik Penampilan Anda

Manfaatkan Kopi Bubuk di Rumah untuk Mempercantik Penampilan Anda

MOMSMONEY.ID - Kopi adalah minuman sejuta umat. Baik tua maupun muda, sebagian besar orang di dunia ini suka menyeruput kopi. Apakah Anda merupakan salah satu pecinta kopi?

Selain diminum, kopi juga dapat dinikmati dalam bentuk produk kecantikan. Mulai dari masker wajah hingga scrub eksfoliasi, popularitas kopi semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Moms, jika Anda gemar minum kopi di rumah dengan menggunakan kopi bubuk, mulai sekarang jangan langsung membuang ampasnya ya.

Pasalnya, ampas kopi menyimpan beragam manfaat yang bagus untuk kulit dan rambut.

Dilansir dari Woman’s World, inilah 5 beauty hacks sederhana menggunakan kopi yang menarik untuk Anda coba.

Baca Juga: Kemenkes Himbau Pasien Positif Omicron Tanpa Gejala untuk Isoman di Rumah

1. Merampingkan dagu dengan masker kopi

Sebagai diuretik alami, kopi bisa membantu menghilangkan retensi air penyebab rahang tampak bengkak.

Saat Anda memadukan kopi dengan minyak zaitun dan putih telur, itu akan menghidrasi sekaligus mengencangkan kulit Anda serta membuat dagu terlihat lebih kencang dan tentunya ramping.

Campurkanlah ¼ cangkir bubuk kopi dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 putih telur. Setelah itu, pijat-pijat campuran kopi tersebut ke area kulit rahang hingga tulang selangka. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air.

2. Mengurangi selulit dengan ampas kopi

Kafein dalam kopi mampu mengeringkan sel-sel lemak dari kandungan airnya. Dan, menggosok-gosokkan ampas kopi yang telah diseduh terlebih dahulu ke kulit bisa meningkatkan sirkulasi, mengencangkan kulit, dan mengurangi penampilan selulit secara keseluruhan.

Pijatlah dengan lembut kulit Anda yang masih lembab menggunakan ampas kopi. Setelah itu, bilas bagian tubuh Anda yang sudah dipijat sampai benar-benar bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3. Menghilangkan kantong mata dengan es batu kopi

Kopi mengandung tanin yang dapat mengeluarkan cairan terperangkap penyebab pembengkakan di bawah mata.

Saat diterapkan ke area mata dalam bentuk es batu, kopi yang dingin akan menyempitkan pembuluh darah Anda guna mengurangi kantong mata dan lingkaran hitam. Alhasil, penampilan mata Anda pun akan tampak lebih muda.

Tuangkan 1 cangkir kopi seduh tanpa gula ke dalam cetakan es batu dan diamkan di dalam freezer selama semalaman.

Pada keesokan paginya, keluarkan kopi yang telah beku dari cetakannya lalu gosokkan secara lembut ke area mata Anda yang terpejam.

Biarkan cairan kopi menempel di kulit mata Anda selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut dengan pijat kopi

Ketika diserap oleh kulit, kopi akan meningkatkan sirkulasi dan membawa nutrisi yang mendorong pertumbuhan folikel rambut. Plus, kopi juga akan menekan DHT (Dihydrotestosterone) atau hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Untuk mendapatkan khasiat kopi bagi kesehatan rambut Anda, Anda bisa mencampurkan kopi dengan air kelapa.

Berkat kandungan vitamin B-nya, air kelapa mampu memperkuat helai rambut sehingga akan secara perlahan mencegah kerontokan.

Campurkan 1 cangkir kopi dengan 1 cangkir air kelapa. Setelah tercampur merata, pijat-pijatkan ramuan ini ke kulit kepala Anda dengan gerakan melingkar guna meningkatkan sirkulasi dan memperpanjang fase pertumbuhan rambut. Terakhir, bilas rambut Anda hingga residu kopi benar-benar hilang.

5. Menghaluskan tumit dengan rendaman kopi

Senyawa yang terkandung di dalam bubuk kopi dapat membantu mendorong pergantian sel sehingga akan lebih cepat mengungkap sel-sel kulit baru yang sehat termasuk pada area tumit.

Tumit yang kasar bisa Anda atasi dengan cara menggosok-gosokkan ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya.

Siapkan baskom dan masukkan cairan kopi seduh serta ½ cangkir kopi bubuk ke dalamnya. Lalu, rendam kaki Anda di dalam baskom tersebut selama 15 menit.

Setelah 15 menit, angkat kaki Anda dan gosok-gosokkan tumit dengan bubuk kopi yang terendam di dalam baskom selama kira-kira 1 menit sebelum dibilas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News