HOME, Bugar

Manfaatkan Buah Pepaya untuk Memutihkan Kulit Secara Alami

Manfaatkan Buah Pepaya untuk Memutihkan Kulit Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Semua orang pasti tahu buah pepaya. Buah berwarna oranye ini sudah terkenal khasiatnya yang dapat melancarkan pencernaan. Anda bisa mendapatkan buah ini di pasar tradisional dan pasar swalayan dengan mudahnya, serta harganya yang relatif murah.

Selain buat kesehatan peencernaan, menurut beberapa ahli kulit, beragam kandungan vitamin di dalam pepaya juga dapat digunakan sebagai pencerah, pengencang, dan pemutih kulit alami.

Pepaya mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk membuat pepaya dapat menjadi pemutih kulit alami. 

Vitamin C yang terkandung di dalam sebuah pepaya ukuran sedang dengan berat 150 gram adalah sebanyak 88,3 miligram atau setara dengan 157% dari rekomendasi asupan vitamin C harian, sedangkan pada jeruk  hanya terkandung sekitar 69,7 miligram.

Bahkan, satu buah pepaya yang besar dapat mengandung 235 mg vitamin C, lebih dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menderita Sakit Maag 

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu dalam mengatasi penuaan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C, memiliki lebih sedikit keriput, kulit tidak kering, dan mengalami lebih sedikit penuaan pada kulit.

Bisa jadi ini karena manfaat vitamin C sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu pembentukan kolagen. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A yang baik untuk mengatasi kerutan di wajah, jerawat, serta masalah kulit lainnya, termasuk kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Dilansir dari Medical New Today dan Mayo Clinic, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah jika ingin memafaatkan pepaya buat perawatan kulit.

  • Haluskan satu potong buah pepaya, kemudian peras untuk diambil airnya. Basahi kapas dengan air pepaya, oleskan ke bagian wajah, leher, dan dada. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.
  • Campur ¼ cangkir pepaya matang, ¼ cangkir madu, 2 sendok teh oatmeal, ¼ cangkir cokelat, dan 2 sendok teh susu hingga rata. Oleskan masker campuran tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama 10 menit, Terakhir, basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.
  • Campur ¼ cangkir pepaya yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh air perasan nanas. Kemudian balurkan ke wajah dan leher selama 15 hingga 20 menit. Jika wajah terasa gatal, itu tandanya masker sedang bekerja. Setelah 20 menit, bilas wajah hingga bersih.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Wajah Alami Sesuai dengan Jenis Kulit

Jika Anda menggunakan pepaya secara topikal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan kecuali Anda mempunyai alergi terhadap buah tersebut. Jika iritasi atau terasa gatal setelah Anda menggunakannya, berhentilah. Apabila bertambah parah, coba berdiskusi dengan dokter.

Apabila dampak negatif timbul setelah kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak, enzim papain dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Banyak makan pepaya juga tidak direkomendasikan untuk wanita hamil atau menyusui, serta pengidap diabetes dan hipotiroidisme.

Selanjutnya: Moms Perlu Tahu! Ini 5 Makanan Sehat Pencegah Kerutan Akibat Penuaan Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News