HOME, Bugar

Manfaat Timun Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat Timun Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Timun menjadi buah yang cukup populer di kalangan penderita hipertensi. Konsumsi timun dipercaya memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah. 

Menurunkan tekanan darah tinggi sebenarnya tak harus melulu lewat obat-obatan medis. Ternyata, mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini.

Mentimun bisa diolah menjadi jus atau es mentimun untuk membantu menurunkan tekanan darah. 

Tak hanya itu saja, mentimun juga kaya vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. 

Sebanyak 100 gram timun mengandung sekitar 136 mg kalium dan 12 mg magnesium. Nah, tubuh membutuhkan kalium dan magnesium untuk menjaga fungsi otot dan mencegah otot dari jika kadarnya rendah.

Baca Juga: Catat! Penderita Hipertensi Lebih Baik Tidak Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Selain itu, kalium juga merelaksasi dinding pembuluh darah yang efeknya bisa menurunkan tekanan darah.

Tingkat kalium yang normal di dalam tubuh juga penting untuk mengonduksi sinyal listrik pada sistem saraf dan jantung. Dengan begitu, detak jantungtetap dalam angka yang normal.

Perlu Anda ketahui bahwa orang yang memiliki hipertensi berisiko tinggi mengalami serangan jantung atau gagal jantung.

Melansir dari American Heart Association, tekanan darah tinggi membuat pembuluh darah arteri pada jantung menjadi kurang fleksibilitasnya sehingga menyulitkan darah mengalir dengan lancar.

Seiring waktu, kondisi tersebut bisa memperberat kinerja jantung dalam memompa darah dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi timun yang kaya kalium, penderita hipertensi bisa mengendalikan tekanan darah tinggi sekaligus melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah di sekitarnya.

Banyak sekali manfaat timun untuk penderita hipertensi, bukan? Tentunya sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Baca Juga: Tak Hanya Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Labu Air untuk Kesehatan Tubuh

Tenang, Anda bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan menambahkan timun pada menu makan sehari-hari. Tujuannya, agar Anda mengonsumsi timun secara rutin.

Anda bisa memakan timun langsung sebagai camilan, mengolahnya menjadi masakan tumis, lalap, atau acar. Jika Anda menikmatinya dalam sajian rujak buah, sebaiknya tidak memakai tambahan garam sebagai bumbu pelengkap. 

Jangan lupa, cara mengolah timun juga harus benar. Pastikan Anda tidak menambahkan banyak garam ketika membuat tumis timun. Pilih buah timun yang kondisinya segar, bukan layu.

Ini karena kualitas nutrisi yang paling baik ada pada timun yang segar. Cuci buah timun dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Selanjutnya: Kacang Almond, Camilan Sehat yang Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News