HOME, Keluarga

Manfaat Tidur Siang bagi Anak-Anak, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Mood!

Manfaat Tidur Siang bagi Anak-Anak, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Mood!

MOMSMONEY.ID - Tidur siang mungkin terkesan sebagai aktivitas yang biasa saja. Namun siapa sangka bahwa tidur siang menyimpan manfaat yang terbilang luar biasa bagi anak-anak.

Manfaat tidur siang akan sangat terasa apabila anak-anak melakukannya secara teratur.

Catat! Inilah manfaat tidur siang bagi anak-anak yang bisa menjadi pertimbangan bagi para orang tua untuk mulai membiasakan tidur siang pada anak-anak mereka.

Baca Juga: 5 Inspirasi Kamar Anak Laki-Laki, Keren dan Stylish

Manfaat tidur siang bagi anak

1. Membantu anak-anak untuk belajar

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu anak-anak prasekolah untuk bermain permainan memori atau asah otak dengan lebih baik.

Manfaat dari tidur siang tersebut bisa didapatkan ketika anak-anak rutin tidur siang setiap harinya.

2. Membantu anak-anak untuk tetap bugar

Anak-anak yang terbiasa tidur siang cenderung memiliki fisik yang bugar dan tidak rentan terkena obesitas. Sebaliknya, anak yang tidak cukup tidur atau tidurnya tidak teratur memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas.

Berdasarkan beberapa penelitian, anak-anak akan cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak cukup tidur. Mereka juga cenderung memilih makanan yang tidak sehat. Ketika lelah, anak-anak kurang tidur tidak akan memiliki banyak energi untuk aktif bergerak atau berolahraga, padahal aktif bergerak dan olahraga yang cukup adalah kunci untuk menjaga berat badan tetap ideal.

3. Menjadikan suasana hati lebih baik

Tidur siang dapat membuat suasana hati anak menjadi lebih baik. Anak-anak yang tidak tidur siang akan mudah untuk rewel dan menangis ketika menghabiskan waktu siang mereka tanpa tidur.

Satu studi menemukan bahwa anak berusia 2 tahun yang melewatkan tidur siang cenderung merasa kurang gembira, gampang cemas, dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap berbagai peristiwa yang membuat mereka frustasi.

Waktu yang dibutuhkan anak untuk tidur siang

Setelah mengetahui manfaatnya, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk tidur siang?

1. Bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan

Bayi baru lahir hingga berusia 3 bulan membutuhkan waktu sekitar 14-18 jam per hari untuk tidur. Bayi di usia ini akan tidur sepanjang waktu dan terbangun setiap 1-3 jam untuk makan.

Mendekati usia 4 bulan, ritme tidur bayi menjadi lebih teratur. Sebagian besar bayi tidur 9-12 jam di malam hari dan akan tidur di siang hari selama 2-3 kali dengan durasi masing-masing sekitar 30 menit sampai 2 jam.

2. Bayi usia 6-12 bulan

Bayi usia 6-12 bulan biasanya tidur selama total 14 jam dalam sehari. Waktu tidur ini termasuk dengan tidur siang sebanyak 2 kali sehari dengan durasi masing-masing sekitar 20 menit hingga beberapa jam.

3. Balita (usia 1-3 tahun)

Di usia ini, anak membutuhkan waktu 12-14 jam untuk tidur dalam sehari. Waktu tidur ini sudah mencakup tidur siang selama 1-3 jam.

Beberapa balita mungkin masih tidur siang sebanyak 2 kali sehari. Meskipun begitu, tidur siang sebanyak 2 kali sehari tidak boleh dilakukan berdekatan dengan waktu menjelang malam karena akan menyulitkan anak untuk tertidur pada malam hari.

4. Anak pra-sekolah (usia 3-5 tahun)

Anak-anak pra-sekolah rata-rata memiliki total waktu tidur sekitar 11-13 jam perhari. Pada usia ini, tidur nyenyak pada malam hari jauh lebih penting dibandingkan tidur siang.

Apabila anak kesulitan untuk tidur di malam hari akibat tidur siang, maka Moms dapat mempersingkat waktu tidur siang dari biasanya dan mendorong mereka untuk tidur malam lebih awal.

5. Anak usia sekolah (usia 5-12 tahun)

Memasuki usia sekolah, anak sebenarnya tidak lagi membutuhkan tidur siang. Walau demikian, tidur di tengah hari tetap bermanfaat bagi mereka.

Moms bisa meminta mereka untuk tidur siang singkat sekitar 30 menit supaya anak tetap bisa tidur dengan baik pada malam hari.

Nah, supaya tidur siang anak menjadi berkualitas, pastikan untuk menempatkan mereka di ruangan yang sejuk, redup, dan bebas gangguan. Untuk membantu anak tidur siang dengan cepat, Moms bisa membacakan mereka dongeng sebelum tidur atau menggosok-gosok punggung mereka.

Jangan lupa juga untuk tidak membiarkan anak tidur siang terlalu lama agar mereka tidak merasa kesulitan untuk terlelap pada malam hari.

Selanjutnya: Simak Gejala Depresi yang Mungkin Terjadi pada Anak-Anak

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News