HOME, Bugar

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Rosella adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti sirup, teh herbal, dan bahkan obat. 

Ada banyak manfaat terkait kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi tanaman ini, terutama yang sudah diolah menjadi teh.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam rosela, seperti karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, vitamin A dan vitamin C, dikutip dari Mayo Clinic.

Tak hanya itu, rosela juga mengandung beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol. 

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

Dilansir dari Healthline, inilah sederet manfaat rosella untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat rosella untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. 

Studi dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi teh rosella dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Manfaat rosella untuk kesehatan yang kedua adalah mengatasi kolesterol tinggi. Rosela dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Selain itu, rosela juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kombinasi manfaat ini membuat rosela baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes tipe 2. 

3. Mencegah risiko obesitas

Manfaat rosella untuk kesehatan yang ketiga adalah mencegah risiko diabetes. 

Tak hanya menangkal efek radikal bebas, antioksidan dalam rosela juga mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga dapat mencegah obesitas. 

Baca Juga: 5 Obat Alami yang Ampuh Meredakan Migrain

4. Mengatasi kolesterol

Manfaat rosella untuk kesehatan yang keempat adalah mengatasi kolesterol. 

Penelitian dalam International Scholarly Research Notices meneliti hasil kadar kolesterol orang yang mengonsumsi teh rosella versus teh hitam.  

Sembilan puluh orang dengan tekanan darah tinggi mengonsumsi teh rosella atau teh hitam 2 kali sehari selama 15 hari. 

5. Melancarkan menstruasi

Manfaat rosella untuk kesehatan yang kelima adalah melancarkan menstruasi. Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah melancarkan menstruasi. 

Rosella rupanya juga dapat memengaruhi estrogen. Artinya, minum teh rosella bisa membantu siklus menstruasi yang sering terlambat atau tidak teratur. 

Tidak hanya untuk masalah jadwal, secangkir teh rosella juga dapat membantu mengatasi kram perut yang biasa terjadi pada hari-hari awal menstruasi 

Selain menawarkan berbagai manfaat di atas, rosela juga dipercaya bermanfaat untuk meredakan demam, mengobati gejala pilek, dan mengatasi sembelit. 

Itulah sederet manfaat rosella untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Oleh karena itu, agar lebih aman, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi rosela, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News