HOME, Keluarga

Manfaat Susu Kedelai untuk Anjing Peliharaan

Manfaat Susu Kedelai untuk Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Terkadang meragukan untuk memberi susu kepada hewan peliharaan seperti anjing. Alasannya, karena tak semua anjing toleran dengan kandungan laktosa yang terkandung di dalam susu. Intoleran laktosa ini dapat menyebabkan anjing mengalami gangguan penyerapan nutrisi pada sistem pencernaannya.

Kendati demikian, beberapa pemilik memberikan susu kedelai sebagai gantinya. Susu kedelai berasal dari sumber nabati (tumbuhan), sehingga memiliki kandungan lemak jenuk lebih rendah, bebas kolestrol, dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Susu kedelai juga tidak mengandung laktosa yang berisiko pada anjing.

Baca Juga: Ini 6 Macam Vaksin yang Harus Diberikan untuk Anjing Peliharaan

Dilansir dari ASPCA, alternatif susu sering berasal dari kacang-kacangan (almond, mete, kedelai), oatmeal, dan biji-bijian. Ini aman dikonsumsi anjing dengan porsi tertentu. Tak hanya aman, kedelai yang memiliki sumber protein yang baik dan dapat menyehatkan tubuh anjing.

Selain itu, kedelai sangat bermanfaat bagi anjing yang memiliki masalah pencernaan, karena protein kedelai terhidrolisis lebih mudah dicerna anjing. Susu kedelai juga tinggi akan serat yang dapat membantu manajemen berat badan bagi anjing yang diperlukan untuk menjaga atau memiliki masalah terhadap berat badan. Susu kedelai sama manfaatnya bila dikonsumsi oleh anak anjing.

Kendati demikian, susu kedelai tinggi kalori. Maka, Anda tak perlu memberikan gula tambahan untuk mencegah kerusakan gigi dan obesitas pada anjing. Susu kedelai harusnya berfungsi untuk menjaga berat badan mereka.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang Ras Anjing Pomeranian

Beberapa anjing juga dimungkinkan mengalami alergi dengan kedelai. Alergi ini dapat menimbulkan gejala seperti gatal-gatal, masalah perut, kerontokan, infeksi di beberapa bagian tubuh, hingga anafilaksis.

Jika Anda ragu ingin memberikannya, Anda dapat mencoba dalam porsi yang kecil. Anda mungkin perlu mengonsultasikannya kepada dokter hewan Anda. Terutama untuk pemberian susu kedelai ke anak anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News