HOME, Bugar

Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan, Begini Cara Membuatnya

Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan, Begini Cara Membuatnya

MOMSMONEY.ID - Manfaat susu almond untuk kesehatan tubuh sangat beragam lho, Moms. Bahan utama susu almond itu sendiri adalah biji-bijian dengan nama ilmiah Prunus dulcis. Tidak kalah dengan susu sapi, susu almond mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh.

Membantu Menjaga Berat Badan

Susu almond memiliki kalori yang lebih rendah dari susu sapi murni dan skim. Kalori untuk satu cangkir susu almond adalah 60 kalori. Sedangkan susu sapi murni mengandung 146 kalori dan susu skim mengandung 86 kalori.

Dari kandungan kalorinya yang rendah, manfaat susu almond dapat membantu Moms menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu almond selanjutnya adalah untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Susu almond tidak mengandung kolestrol atau lemak jenuh sehingga aman untuk jantung. Selain itu, susu almond juga memiliki kandungan lemak sehat atau omega yang tinggi.

Kandungan omega pada susu almond dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

Baca Juga: Susu Beruang Sembuhkan Covid, Benarkah?

Menjadikan Tulang Kuat

Susu almond mengandung sekitar 25 persen vitamin D dari jumlah yang disarankan. Manfaat susu almond bagi tulang adalah untuk mengurangi risiko terjadinya radang sendi dan osteoporosis. Tak hanya itu, susu almond juga bermanfaat dalam proses pembentukan gigi yang sehat.

Membuat Kulit Bersinar

Mengandung 50 persen dari jumlah vitamin E yang direkomendasikan, susu almond kaya antioksidan. Antioksidan sendiri berguna untuk menjaga kesehatan kulit serta melindungi kulit dari efek sinar matahari. Dengan rutin mendapatkan manfaat susu almond, kulit Moms akan sehat dan cantik dari dalam.

Menguatkan Otot

Manfaat susu almond yang terakhir berkaitan dengan otot. Susu almond mengandung banyak vitamin B seperti zat besi dan riboflavin. Kedua zat tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan dan penyembuhan otot.

Selain bermanfaat, susu almond ternyata bisa dibuat sendiri di rumah lho, Moms! Berikut cara membuat susu almond untuk porsi 4 cangkir:

Bahan:

1 setengah cangkir almond mentah

1 sdm sirup maple

Setengah sdt ekstrak vanilla

Garam

Kayu manis bubuk

Pala bubuk

Cara Membuat:

1. Rendam almond dalam wadah besar berisi air yang menutupi almond hingga 2 inci. Rendam dalam suhu ruangan selama 8-12 jam;

2. Masukkan almond ke dalam blender dan tambahkan 1 cangkir air bersuhu ruangan. Blender selama 1-2 menit;

3. Setelah halus, pindahkan pasta almond ke dalam mangkuk. Campurkan dengan 2 cangkir air mendidih. Diamkan selama 10 menit;

4. Saring campuran pasta almond yang telah didiamkan dengan saringan logam. Tekan-tekan hingga cairan ekstrak almond keluar semua;

5. Tambahkan sirup maple, vanilla, sedikit garam, kayu manis, dan pala bubuk. Kocok hingga semua tercampur dan susu almond siap untuk dinikmati.

Selanjutnya: Panduan Makanan Sehat Selama Isoman, Apa Saja, Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News