Bugar

Manfaat Rutin Mengonsumi Sari Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Rutin Mengonsumi Sari Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Sari kedelai kaya nutrisi dan sangat erat dikaitkan dengan minumam untuk penurunan kadar kolesterol, risiko obesitas, bahkan bisa meredakan kanker.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum sari kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah daripada yang tidak memiumnya.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa manfaat rutin mengonsumsi sari kedelai untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Rasakan Manfaatnya! 5 Makanan Ini Kaya Sumber Protein Nabati Tinggi untuk Tubuh

Menurunkan risiko kanker usus

Manfaat rutin mengonsumsi sari kedelai yang pertama adalah bisa menurunkan risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar. Hal ini karena kandungan butyrate yang terdapat pada kedelai. 

Butyrate adalah jenis bakteri baik yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Butyrate berperan penting dalam proses pengobatan berbagai penyakit kronis pada usus. 

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Manfaat rutin mengonsumsi sari kedelai yang kedua bisa melindungi tubuh dari radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Radikal bebas bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan obesitas, serta obesitas.  

Sari kedelai juga melindungi hati dan menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh. Secara tidak langsung, antioksidan mampu mencegah kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit tersebut. 

Memberi nutrisi bagi ibu hamil

Kedelai yang terdapat pada sari kedelai mengandung folat atau Vitamin B9. Kedua zat ini berperan penting sebagai nutrisi untuk ibu hamil.  

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, ibu yang mengonsumsi kedelai selama proses kehamilan memiliki plasenta yang lebih sehat dan berat janin yang baik. 

Baca Juga: 4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Membantu mengontrol gula darah

Manfaat rutin mengonsumsi sari kedelai yang selanjutnya adalah membantu mengontrol gula darah. 

Menurut penelitian dalam Archives Internal Medicine, menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang diolah dari biji-bijian dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. 

Di antara pasien diabetes tipe 2, konsumsi sari kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah dan gula darah. Hal ini karena sari kedelai mengandung indeks glikemik yang rendah. 

Melancarkan pencernaan

Manfaat rutin mengonsumsi sari kedelai yang terkahir bisa melancarkan pencernaan. Sari kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Kandungan isoflavon pada sari kedelai juga baik dalam meningkatkan penyerapan makanan oleh usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. 

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaatnya dan sari kedelai tidak menimbulkan masalah selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News