HOME, Bugar

Manfaat Rebung, Bisa untuk Diet Sampai Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat Rebung, Bisa untuk Diet Sampai Menurunkan Risiko Kanker

MOMSMONEY.ID - Rebung atau tunas bambu merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, rebung juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. 

Rebung juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, serta beragam mineral, seperti  magnesium, selenium, mangan, dan zat besi. Tak hanya beragam nutrisi di atas, rebung juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, dikuti dari Medical News Today.

Manfaat rebung untuk kesehatan memang berlimpah. Sehingga, jangan ragu lagi mengonsumsinya. Lagipula, tidak semua sajian rebung beraroma menyengat, selama Anda mengolahnya dengan tepat. 

Berikut ini manfaat sayur rebung untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.  

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengalami Stres

1. Melindungi jantung

Beberapa kandungan yang ada di dalam rebung, seperti fitosterol dan fitonutrien juga dinilai ideal untuk melarutkan kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Dengan demikian, tumpukan kolesterol di pembuluh darah dan risiko terjadinya serangan jantungpun akan berkurang. 

2. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan yang ada di dalam rebung tak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga memberi manfaat lain berupa pencegahan risiko kanker.  

Menurut sebuah studi dari International Scholarly Research Notices, rebung memiliki zat yang dipercaya bersifat antikanker, yaitu lignan dan fitosterol. Kedua zat tersebutlah yang membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh. 

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat rebung yang satu ini didapatkan dari kandungan seratnya yang cukup banyak. Serat sangatlah dibutuhkan untuk memperlancar proses pencernaan yang lancar dan sehat. Jadi, makanan ini baik dikonsumsi saat Anda sedang susah buang air besar atau sembelit. 

4. Baik untuk diet

Jika melihat kandungan nutrisinya di atas, manfaat sayur rebung yang satu ini sudah cukup jelas terlihat. Kandungan lemak, gula, dan sodiumnya yang rendah, menjadikan sebagai makanan diet yang ideal. Belum lagi kandungan seratnya yang bisa membantu Anda merasa lebih cepat kenyang, sehingga mengurangi porsi makan.  

5. Mencegah penyakit kardiovaskular

Rebung mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta kalium. Berkat kandungan berbagai macam nutrisi tersebut, rebung baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. 

Baca Juga: Manfaat Buah Tin, Atasi Anemia sampai Mencegah Kanker

Nah, itulah berbagai manfaat rebung yang baik untuk kesehatan Anda. Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda memasak sayur rebung hingga matang, ya. Hal ini penting untuk membasmi kandungan racun di dalamnya. 

Selanjutnya: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News