HOME, Bugar

Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.

Kandungan nutrisi di dalam pisang meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Inilah 4 Cara Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari Mayo Clinic, antara lain: 

1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

2. Meredakan tukak lambung

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah meredakan tukak lambung. Pisang dapat memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga dapat meredakan tukak lambung.

Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mangatasi nyeri akibat maag.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh. 

Senyawa antioksidan di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

Baca Juga: Waspadai! Inilah Sederet Dampak Kurang Tidur untuk Kesehatan

4. Menjaga kesehatan saluran cerna

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk kesehatan usus dan saluran cerna.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.

5. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah mengurangi risiko penyakit ginjal. Kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfat pisang tersebut, ada baiknya bila Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News