HOME, Keluarga

Manfaat Pemberian Cacing Sebagai Pakan Ikan Hias

Manfaat Pemberian Cacing Sebagai Pakan Ikan Hias

MOMSMONEY.ID - Merawat ikan hias perlu diperhatikan makanannya juga. Salah satunya adalah cacing. Cacing banyak diminati sebagai pakan ikan yang paling umum, khususnya untuk ikan hias seperti cupang, channa, louhan, dan sebagainya.

Namun, apakah Anda tahu manfaat cacing ini untuk ikan?

Jika masih pemula, Anda perlu mengetahui manfaat memberikan cacing kepada ikan. Asal tahu, ikan secara alami akan memakan hewan yang lebih kecil darinya, salah satunya adalah cacing. Cacing kaya akan nutrisi dan merupakan sumber kalori yang baik untuk ikan. 

Dilansir dari Globalseafood.org, penelitian telah menunjukkan bahwa cacing tanah merah memiliki kadar protein, asam amino esensial, dan lipid yang cukup mirip dengan yang ditemukan dalam tepung ikan serta selaras dengan kebutuhan nutrisi banyak spesies ikan.

Selain itu, cacing harimau yang bernama ilmiah Eisenia foetida, menghasilkan pertumbuhan yang sangat baik untuk ikan. Cacing ini mengandung 61% protein kasar, 9% lemak, dan 5% abu. Cacing jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan ikan kering bersama bahan-bahan organik lain seperti susu bubuk, telur, tepung jagung, minyak, vitamin, dan sebagainya.

Sementara itu, penggunaan cacing lain seperti cacing darah dapat membantu menguatkan warna ikan terutama untuk jenis ikan yang memiliki corak warna yang beragam.

Tubuh cacing darah mengandung pigmen karoten berupa astaxanthin yang dapat memengaruhi kualitas warna pada ikan. Cacing darah juga dapat memperbaiki bentuk sirip ikan dan program penggemukannya.

Baca Juga: Atasi Stres Anda dengan Memelihara Salah Satu dari 6 Jenis Hewan Ini

Jika Anda tertarik untuk memberikan jenis makanan cacing kepada ikan, Anda harus memastikan kualitas cacing yang terbaik dari toko ikan hias yang terpercaya. Ini bertujuan agar makanan ikan tetap aman.

Memberikan ikan makanan cacing perlu melalui masa percobaan. Berikan sedikit demi sedikit dan lihat apakah ikan Anda menyukainya. Jika memang suka, Anda dapat memberikannya beberapa kali sebagai selingan makanan serpihan.

Jangan berlebihan memasukkan cacing karena cacing yang telah mati akan menimbulkan zat amonia yang akan memengaruhi kualitas air. Bahkan dapat meracuni ikan hias di akuarium. Untuk solusi ini, Anda dapat menggunakan cacing beku yang dapat bertahan lama. Cacing beku juga dapat mengapung di permukaan air, sehingga ikan lebih mudah memakannya.

Selanjutnya: Jangan Disepelekan! Segera Atasi Penyakit Bercak Putih Ikan Hias Dengan Cara In

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News