Bugar

Manfaat Olahraga Bulutangkis untuk Anak, Moms Wajib Tahu!

Manfaat Olahraga Bulutangkis untuk Anak, Moms Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dimainkan anak, salah satunya bulu tangkis. Olahraga ini bisa dimainkan di halaman rumah dengan peralatan yang sederhana.

Selain menyehatkan, ada manfaat lain yang bisa diperoleh dari olahraga bulu tangkis untuk anak. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga bulu tangkis bagi anak:

Mengurangi stres

Olahraga bulu tangkis juga dapat mengurangi stres pada anak. Sebab, ketika anak bermain bulu tangkis, tubuhnya akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan suasana hati.

Mulai dari dopamin, endorfin, serotonin, hingga triptofan. Nantinya, hormon tersebut akan menggantikan hormon kortisol, yaitu hormon steroid yang dialirkan ke dalam darah sebagai respons tubuh terhadap rasa stres.

Baca Juga: Waspadai, Ini 5 Gejala Kanker Ovarium yang Menyerang Perempuan

Menjaga kesehatan mental

Dilansir dari Health Fitness Revolution, banyak orang yang melaporkan bahwa mereka merasa rileks dan senang setelah mereka melakukan olahraga.

Menurut satu teori, berolahraga dapat melepaskan beta-endorfin, zat alami dalam tubuh yang ratusan kali lebih manjur dibanding morfin.

Membantu menurunkan berat badan

Risiko obesitas nyatanya juga rentan dialami anak-anak juga. Nah, manfaat kesehatan selanjutnya dari bermain bulu tangkis bagi anak adalah membantu menurunkan berat badan.

Hal ini lantaran bulu tangkis memerlukan ketangkasan dan cenderung membuat pemainnya terus bergerak, sehingga lemak akan terbakar. 

Membantu menurunkan kadar gula darah

Melakukan olahraga bulu tangkis untuk anak juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Sebab, olahraga secara umum dapat mencegah gula dalam darah untuk terakumulasi.

Hal ini dapat terjadi karena saat berolahraga, otot akan terpicu untuk mengambil lebih banyak glukosa dari aliran darah, untuk digunakan sebagai energi.

Dengan demikian, bermain bulu tangkis secara rutin tentunya dapat membantu anak untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Inilah Sederet Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Meningkatkan keterampilan sosial

Bermain bulu tangkis akan memperluas interaksi sosial anak dengan teman-temannya. Bila anak mengikuti suatu klub tentu akan mengembangkan keterampilannya dalam berkomunikasi.

Mengikuti permainan atau pertandingan bulu tangkis dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak untuk meraih kemenangan.

Itulah beberapa manfaat olahraga bulu tangkis untuk anak. Mulai dari  meningkatkan kesehatan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mengurangi stres, hingga membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain pada aspek kesehatan, bermain bulu tangkis juga dapat menjadi ajang anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan keterampilan bersosialisasi anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News