HOME, Santai

Manfaat Menggunakan Obat Kumur untuk Kesehatan Mulut

Manfaat Menggunakan Obat Kumur untuk Kesehatan Mulut

MOMSMONEY.ID - Untuk menjaga kesehatan gigi dan mempertahankan warna aslinya yang bersih, beberapa cara alami dan perawatan tentunya akan dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut.

Salah satu perawatan yang mudah dilakukan adalah dengan menggosok gigi secara teratur dan menggunakan mouthwash atau obat kumur.

Obat kumur juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini adalah beberapa manfaat baik dari obat kumur.

Baca Juga: Kapan Waktu Sikat Gigi yang Tepat? Berikut Ini Jawabannya

Mencegah gigi berlubang

Melansir dari laman Everyday Health, mouthwash atau obat kumur mengandung fluoride yang memiliki manfaat baik untuk mengurangi resiko gigi berlubang.

Fluoride juga memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi demineralisasi dan mencegah munculnya gigi berlubang.

Melawan masalah gusi

Permasalahan atau penyakit yang terjadi di mulut bukan hanya bisa menyerang gigi. Gusi juga merupakan bagian mulut yang rawan diserang oleh bakteri dan kuman.

Menggunakan obat kumur yang mengandung antibakteri bisa digunakan untuk mencegah munculnya permasalahan pada gusi yang seringkali disebabkan oleh sisa makanan dan plak yang menempel pada bagian tersebut.

Baca Juga: Penyebab Gusi Bengkak pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Meredakan sariawan

Obat kumur bisa digunakan untuk mengatasi dan meredakan sariawan melalui proses detox pada area tersebut.

Detox yang dilakukan adalah dengan cara mengurangi bakteri yang bisa menimbulkan iritasi pada area yang mengalami sariawan tersebut.

Nafas segar

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan mouthwash atau obat kumur adalah mendapatkan nafas yang segar.

Laman Milltown Dental menjelaskan bahwa menggunakan mouthwash atau obat kumur bisa membantu mengatasi permasalahan nafas yang bau karena disebabkan oleh sisa makanan yang menempel di gusi dan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News