HOME, Bugar

Manfaat Memakan Serangga dan Beberapa Jenis Serangga yang Boleh Dikonsumsi

Manfaat Memakan Serangga dan Beberapa Jenis Serangga yang Boleh Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Makan serangga mungkin terdengar menjijikkan bagi sebagian orang. Faktanya, konsumsi jenis hewan ini telah banyak dilakukan di berbagai belahan dunia sejak zaman prasejarah. Praktik ini dikenal dengan sebutan entomofagi

Serangga merupakan alternatif makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi penting, terutama protein. Beberapa jenis serangga juga dapat djadikan sumber protein berkelanjutan dan membantu keamanan pasokan makanan dunia.

Entomofagi ini umum dilakukan di berbagai belahan dunia, termasuk China, Afrika, Asia, Australia, New Zealand, dan beberapa daerah di pusat dan selatan Amerika. Untuk mengetahui manfaat makan serangga bagi kesehatan manusia, berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi serangga.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Kolera

Manfaat makan serangga terbilang banyak, khususnya berkaitan dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa manfaat makan serangga yang bisa Anda dapatkan, di antaranya sebagai berikut.

1. Serangga menawarkan protein hewani lengkap yang mencakup seluruh (9) asam amino esensial.

2. Karena mudah dicerna tubuh, penyerapan vitamin dan mineral dari makan serangga dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan nutrisi dari daging sapi atau gandum.

3. Serangga merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi untuk memerangi penyakit-penyakit degeneratif.

4. Serangga mengandung kitin yang merupakan serat prebiotik sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

5. Serangga memiliki kandungan lemak bermanfaat yang baik bagi tubuh, contohnya pada jangkrik.

6. Seluruh bagian tubuh serangga umumnya dapat dimakan sehingga tidak menyisakan sampah makanan.

Baca Juga: Cara Alami Mengobati Bronkitis yang Perlu Anda Ketahui

Rebecca Baldwin, seorang profesor entomologi di Institut Ilmu Pangan dan Pertanian Universitas Florida, mengungkapkan bahwa setidaknya ada 500 jenis serangga yang bisa dikonsumsi di seluruh dunia. Dari sekian banyak serangga, berikut adalah beberapa jenis serangga dengan nutrisi tinggi yang dapat dijadikan alternatif makanan sehat.

1. Jangkrik

2. Belalang

3. Mealworm (ulat Hong Kong)

4. Rayap

Para peneliti mengklaim bahwa makan serangga lebih aman dibandingkan dengan makan daging. Serangga memiliki risiko yang jauh lebih rendah dalam menginfeksi manusia dengan penyakit zoonosis dari hewan ternak, meskipun telah dianjurkan bahwa serangga harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghancurkan patogen yang membahayakan dalam tubuh mereka. 

Itulah berbagai serangga yang bisa dimakan beserta manfaatnya. Sama halnya dengan mengonsumsi hewan lainnya, makan serangga juga memiliki beberapa potensi risiko. Orang dengan alergi terhadap kerang atau tungau debu mungkin dapat mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi binatang ini.

Selanjutnya: Manfaat Buah Aprikot, Bisa Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News