HOME, Bugar

Manfaat Labu Siam, Mengatasi Anemia Sampai Mengobati Asam Urat

Manfaat Labu Siam, Mengatasi Anemia Sampai Mengobati Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Labu siam atau Sechium edule  adalah salah satu jenis sayuran yang sering dimakan masyarakat Indonesia. Sama seperti sayuran hijau lainnya, labu siam juga mengandung tinggi nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan.  

Selain padat kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, labu siam juga kaya kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA, dilansir dari Mayo Clinic.  

Selain itu, sayuran ini juga nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas. Berikut beberapa manfaat labu siam yang perlu Anda ketahui. 

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Sebelum Melakukan Diet Buah

1. Menurunkan risiko serangan jantung

Kandungan antioksidan pada labu siam juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Serat dalam sayur mungil ini pun bisa membantu Anda dalam memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan risiko serangan jantung bagi orang yang mengonsumsinya secara rutin. 

2. Baik untuk perempuan hamil

Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama kehamilan. Kekurangan folat saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi seperti, cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh Anda dan janin, sebaiknya masukkan labu siam ke dalam menu makanan harian Anda. 

3. Mengatasi asam urat

Asam urat adalah jenis radang sendi yang biasanya disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Penumpukan tersebut dapat memicu pembentukan kristal yang bisa menyebabkan iritasi, peradangan, dan pembengkakan. 

Penyebab dari asam urat salah satunya karena ketidakmampuan ginjal untuk membersihkan kelebihan purin, asam urat, maupun kombinasi keduanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dan serat, salah satunya labu siam. 

Baca Juga: 5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

4. Membantu mengatasi anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia. Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. 

Menariknya, ternyata labu siam mengandung cukup zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia. Ini karena kandungan zat besi dalam labu siam dapat membantu agar hemoglobin bisa mengikat oksigen. 

5. Aman untuk penderita penyakit lambung

Labu siam untuk asam lambung juga aman dikonsumsi. Ini karena saat dicerna, labu siam tidak menimbulkan efek gas yang dapat memicu asam lambung naik. 

Mengonsumsi labu siam dapat membantu meringankan kerja saluran pencernaan dan meringankan gejala pada radang dan iritasi. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, cara mengonsumsi labu siam tetap perlu diperhatikan. Memakan sayur ini dalam bentuk yang sudah diolah menjadi hidangan bersantan harus dibatasi.

Selanjutnya: Kaya Nutrisi, Buah Labu Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News