HOME, Bugar

Manfaat Konsumsi Udang Secara Rutin Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat Konsumsi Udang Secara Rutin Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak

MOMSMONEY.ID - Udang merupakan salah satu jenis seafood atau makanan laut yang populer. Selain memiliki cita rasa yang lezat, udang juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Namun pada sebagian orang, mengonsumsi udang justru berisiko menimbulkan gangguan kesehatan. Tapi jika dikonsumsi dalam batas wajar, udang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Salah satunya adalah membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, udang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, misalnya kenaikan kadar kolesterol di dalam darah. 

Mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, berikut berbagai manfaat makan udang untuk kesehatan. 

Baca Juga: Beberapa Jenis Ikan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi, Yuk Cari Tahu di Sini

1. Memelihara kesehatan otak

Ternyata manfaat udang memiliki asumsi yang berlawanan dengan istilah ‘otak udang’. Rutin mengonsumsi makanan laut ini justru dapat menjaga kesehatan otak Anda. 

Kadar zat besi dalam udang diperlukan untuk produksi hemoglobin, yang berperan untuk mengikat oksigen. Produksi hemoglobin yang optimal membantu dalam melancarkan aliran oksigen dalam tubuh, termasuk ke otak. 

2. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang menjalani diet tinggi protein untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memanfaatkan udang untuk sumber bahan makanan untuk program diet ini. 

Selain tinggi protein, udang juga memiliki kandungan vitamin D dan zat besi yang meningkatkan leptin dalam tubuh. Dengan meningkatkan kadar hormon leptin dalam tubuh Anda, hal ini sekaligus dapat menurunkan rasa lapar dan nafsu makan. 

3. Mencegah rambut rontok

Manfaat udang juga berlaku untuk kesehatan rambut. Pasalnya, udang berpotensi mencegah kerontokan rambut. Lagi-lagi, nutrisi udang yang berperan dalam memberikan kebaikan tersebut adalah zinc. 

Kekurangan zinc telah dikaitkan dengan masalah rambut rontok, jadi pastikan asupannya cukup. 

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat kandungan zat besi yang tinggi pada udang dapat membantu proses pengikatan oksigen dalam hemoglobin. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan aliran oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, salah satunya ke otak. 

Fungsi otak akan meningkat jika tubuh mendapatkan asupan oksigen, yang terbukti dari meningkatkan kemampuan pemahaman, kinerja memori, dan konsentrasi. 

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium di dalam udang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kalsium juga dapat membantu kerja otot, meningkatkan produksi hormon, dan mempercepat proses pembekuan darah. 

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Makanan Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan Kulit

Makan udang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Bagi Anda yang memiliki alergi seafood, berhati-hatilah saat mengonsumsi udang. Jika muncul reaksi alergi, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Selanjutnya: Jika Anda Mengalami Stres, Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News