HOME, Bugar

Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Perlu Anda ketahui bahwa berjalan kaki selama 15 menit dan dilakukan setidaknya empat kali sehari mampu membakar kalori sebanyak berjalan kaki selama satu jam.

Untuk menjaga berat badan, Anda perlu melakukan lebih banyak jalan kaki atau olahraga dalam seminggu.

Aktivitas fisik yang terakumulasi dalam beberapa segmen (setidaknya 10 menit per segmen) juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh. 

Saat berjalan kaki, tubuh menggantikan glikogen yang terbakar baik melalui kalori yang Anda makan atau dengan memecah lemak yang tersimpan.

Jika Anda makan lebih banyak kalori dibanding yang dibutuhkan tubuh, maka tubuh akan menyimpan kelebihan kalori sebagai lemak. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

Berjalan selama beberapa periode waktu yang lebih singkat yang ditambah hingga 30 menit per hari juga sama efektifnya dengan berjalan dengan waktu yang lama. 

Setidaknya, tiga sesi berjalan kaki selama 15 menit sama efektifnya dalam mengontrol gula darah seperti berjalan kaki berkelanjutan selama 45 menit.

Dilansir dari Health Focus, inilah manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Memperkuat jantung

Manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui pertama adalah bisa memperkuat jantung. 

Berjalan kaki setidaknya 15-30 menit sehari, lima hari seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Risiko ini bisa berkurang lebih banyak lagi saat Anda meningkatkan durasi atau jalan-jalan setiap harinya. 

2. Meningkatkan mood

Manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui kedua meningkatkan mood. Berjalan kaki membantu kesehatan mental, karena mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan harga diri dan mengurangi gejala penarikan sosial.

3. Meredakan nyeri sendi

Manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui ketiga adalah meredakan nyeri sendi. Berjalan kaki membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul.

Berjalan kaki juga membantu melumasi dan memperkuat otot yang menopang persendian. Perlu diketahui bahwa berjalan kaki bermanfaat untuk pengidap arthritis untuk mengurangi rasa sakit. 

Baca Juga: Ketahui 10 Gejala Umum Peradangan Amandel yang Perlu Anda Ketahui

4. Meningkatkan energi

Manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui keempat adalah meningkatkan energi. Berjalan kaki dapat memacu energi.

Berjalan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Ini adalah hormon yang membantu meningkatkan energi. 

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui kelima adalah meningkatkan imunitas tubuh. Jalan kaki dapat mengurangi risiko terkena flu.

Berjalan kaki juga mampu mengurangi gejala jika Anda mengalami flu daripada tidak bergerak sama sekali. Cobalah untuk berjalan kaki setiap hari untuk merasakan manfaat ini.

Jika cuaca tidak mendukung, Anda bisa berjalan kaki di atas treadmill atau berkeliling di dalam rumah. 

Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan, jalan kaki ke tempat tujuan juga bisa bantu mengurangi volume kendaraan biar jalanan nggak macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News