HOME, Bugar

Manfaat Garam Hitam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Garam Hitam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Garam Himalaya tidak berwarna putih seperti yang sering Anda lihat, tetapi mempunyai warna merah muda. Garam Himalaya tidak sembarangan bisa Anda dapatkan karena bukan berasal dari laut seperti garam biasa.

Garam ini terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es. Garam Himalaya merupakan salah satu garam paling murni yang ada di dunia. Oleh karena itu, kandungan natrium klorida pada garam ini bisa mencapai 98%.

Beberapa mineral lain seperti zat besi, kalium, magnesium, kalsium, dan sulfur juga melengkapi kandungan nutrisi garam Himalaya. Kandungan nutrisi pada garam Himalaya menawarkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi garam himalaya.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

1. Mengandung antimikroba

Antimikroba dalam garam selama ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Namun, lebih dari itu, ternyata antimikroba dalam garam Himalaya bermanfaat untuk kesehatan.

2. Mengatur tekanan darah

Memiliki kandungan rendah natrium, garam hitam ini dapat mengatur tekanan darah pada tubuh. Nah, bagi kalian yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menjadikan garam hitam sebagai alternatif pengganti garam dapur yang biasa kalian konsumsi di rumah.

3. Melengkapi kebutuhan mineral

Garam pink ini mengandung banyak sekali mineral yang berbeda-beda, yakni sekitar 80 mineral. Hal ini bisa dilihat dari warna yang dimilikinya.

Selain kandungan zat besi yang memberikan warna pink, garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi.

4. Mencegah kram otot

Manfaat kesehatan lainnya adalah mencegah kram otot. Garam hitam dipercaya memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengatur fungsi otot dan juga meredakan nyeri otot.

Kalium merupakan mineral yang cukup penting untuk membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot.

5. Menghilangkan racun dalam tubuh

Tak disangka, berendam dalam air hangat yang ditambahkan garam Himalaya juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Garam ini dapat membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak.

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Makanan Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan Kulit

Walaupun demikian, garam hitam tetap bisa menjadi pilihan yang baik karena mengandung zat aditif yang lebih sedikit dibandingkan garam pada umumnya.

Namun, perlu diingat juga bahwa apa pun yang baik dapat merugikan jika dikonsumsi berlebihan. Maka dari itu, konsumsilah garam hitam dalam porsi yang wajar.

Anda disarankan untuk mengonsumsi natrium maksimal 2.300 miligram atau satu sendok teh saja per hari.

Selanjutnya: Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Sayang Dilewatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News