Manfaat Daun Sirih yang Tidak Banyak Diketahui

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 29 Juli 2021 | 09:27 WIB
Manfaat Daun Sirih yang Tidak Banyak Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat Daun Sirih yang Tidak Banyak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Daun sirih memiliki beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk antiseptik, masih banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari daun sirih.

Sirih sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Dilansir dari buku Khasiat & Manfaat Daun Sirih: Obat Mujarab dari Masa ke Masa oleh Rini Damayanti Moeljanto, daun sirih memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. 

Tanaman herbal ini memang populer di Tanah Air. Manfaat daun sirih juga juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh, seperti obat untuk diabetes, asam urat dan berbagai penyakit lainnya jika di konsumsi. 

Meskipun daun sirih memiliki segudang manfaat, akan selalu ada efek sampingnya jika digunakan dengan kurang tepat. Berikut penjelasan tentang manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui. 

Baca Juga: Manfaat bawang putih untuk tubuh yang sudah terbukti khasiatnya

1. Menurunkan berat badan 

Siapa sangka bila daun sirih berkhasiat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan daun sirih bisa meningkatkan sekresi pencernaan sekaligus menghilangkan kadar air berlebih atau racun di dalam tubuh.  

Tidak hanya itu, kandungan serat dalam sirih bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.  

2. Keputihan 

Daun sirih bermanfaat mengobati keputihan pada organ intim perempuan.  Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup minum air rebusan daun sirih secara teratur. 

3. Menghilangkan bau mulut 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat mulutnya mengelurkan bau yang tidak sedap. Alih-alih berkumur dengan cairan kimia, Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih.

Selain itu, daun sirih juga bersifat antiseptik sehingga bisa melindungi mulut Anda dari bakteri.

Baca Juga: Panduan untuk Bumil Positif Covid-19 saat Melahirkan

4. Menghentikan pendarahan

Daun sirih memiliki sifat styptic alias penahan perdarahan. Hal inilah yang membuat daun sirih efektif untuk menghentikan pendarahan pada gusi berdarah atau mimisan.

5. Sakit gigi 

Semua orang pasti merasa sangat kesakitan saat menderita sakit gigi. Daun sirih efektif mengobati nyeri gigi berlubang. Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan dua lembar daun sirih segar. Anda remas dan seduh daun sirih dengan segelas air hangat.  

Setelah itu Anda tanbahkan setengah sendok garam dan biarkan larut dalam air seduhan daun sirih. Setelah dingin, Anda gunakan air tersebut untuk berkumur. 

 Berikut manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui. Sekarang Moms sudah tahu kan manfaat dan khasiat daun sirih? Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Editor: Helvana Yulian
Terbaru