HOME, Bugar

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang merambat pada batang pohon lain dan memiliki aroma yang khas. Daun sirih dimanfaatkan sebagai antisariawan, antibatuk, astringent, dan antiseptik. 

Mengutip dari Wikipedia, daun sirih mengandung minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol. Sederet zat tersebut memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur.

Selain itu, kandungan lain dalam tanaman sirih adalah saponin, flavonoid, dan polifenol. Senyawa saponin dapat bekerja sebagai antimikroba dimana dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan minyak astari memiliki daya sebagai antiseptik, sehingga dapat menyembuhkan jerawat yang meradang.

Oleh karena itu, daun sirih juga memiliki khasiat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Momsmoney merangkum sejumlah manfaat dan cara penggunaan daun sirih bagi kecantikan kulit wajah:

1. Memudarkan flek hitam

Daun sirih dipercaya dapat memudarkan flek hitam. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa dari daun sirih yang dapat meratakan warna kulit. 

2. Mencegah komedo

Manfaat daun sirih lainnya yaitu dapat mencegah munculnya komedo. Jika anda memiliki masalah wajah komedo, cara ini bisa anda coba. Rebus daun sirih. Lalu, dinginkan air rebusan tersebut, gunakan handuk bersih dan rebusan daun sirih yang dingin untuk membasuh wajah anda. Hasilnya komedo akan keluar dengan sendirinya tanpa harus anda pencet komedo dengan tangan.

Baca Juga: Moms, Ini Tiga Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

3. Menyembuhkan jerawat yang meradang

Melansir dari nose.co.id, Daun sirih dapat menyembuhkan jerawat yang meradang. Terdapat kandungan senyawa anti-inflamasi, yang dapat meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan pada jerawat. Selain itu, Daun sirih juga mengandung minyak esensial, dimana minyak esensial tersebut akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak. 

Namun, untuk tipe wajah sensitif disarankan untuk tidak menggunakan daun sirih dalam pengobatan ini karena pH yang terkandung berbeda.Caranya, haluskan daun sirih, lalu oleskan secara merata pada bagian jerawat yang meradang. 

4. Mengecilkan pori-pori wajah 

Senyawa antiseptik yang terkandung pada daun sirih, dapat membuat pori-pori wajah mengecil.

5. Mengobati gatal pada kulit

Air rebusan daun sirih bisa menyembuhkan sekaligus meredakan ruam dan gatal pada wajah. Caranya rebus daun sirih dan diamkan air rebusan daun sirih selama satu hari. Lalu gunakan untuk membasuh wajah di pagi hari.

6. Mengeringkan luka pada wajah

Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih seperti anti-inflamasi dan antibiotik dapat juga mengeringkan luka yang diakibatkan jerawat yang dipencet sembarangan, tergores dan sebagainya.

7. Mencerahkan wajah yang kusam

Air rebusan daun sirih yang masih muda mampu membantu mencerahkan wajah yang kusam secara alami. Caranya, cuci muka dengan air rebusan daun sirih secara teratur kurang lebih selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

Nah, ternyata manfaat daun sirih untuk kecantikan kulit wajah banyak sekali, ya Moms. Ingat! anda yang memiliki wajah sensitif jangan disarankan untuk tidak memakai daun sirih. Jika masalah kulit anda belum membaik, langsung konsultasi dengan dokter kecantikan. Tertarik mencobanya?

Selanjutnya: Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Gigi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News